Thursday 29 October 2015

The Women of Our Lives: 4 Cara Rasulullah Menghargai Istri



Berapa banyak lelaki yang ingin menikah dengan alasan ia tidak bisa mengurus dirinya sendiri? Mereka beranggapan bahwa peran seorang istri hanya sebatas memasak untuknya, membersihkan rumahnya, mencuci hingga menyetrika pakaiannya, menyiapkan perlengkapannya, dan memenuhi segala permintaannya. Padahal dalam Islam, seorang istri menempati posisi yang begitu mulia. Allah tidak menyuruh seorang lelaki menikah hanya karena alasan tersebut, melainkan agar keduanya bisa merasakan tenteram. 

Lalu apakah sesungguhnya peran seorang istri bagi suami?


Hal inilah yang dijawab oleh video kolaborasi antara Mohamed Zeyara dan Sheikh Omar Sulaiman berjudul The Women of Our Lives. Dalam video diperlihatkan betapa menyedihkan kehidupan Zeyara yang masih single. Tempat tidur tidak rapi, kaos kaki dan makanan berceceran dimana-mana, lantai kotor, pokoknya super berantakan. Karena malas untuk merapikan semua itu, Zeyara akhirnya berpikir untuk segera menemukan seorang istri. Tujuannya jelas, dia ingin ada seseorang yang bisa meng-handle semua masalah tadi. Pikirnya kalau sudah memiliki istri, ia tidak perlu lagi capek-capek merapikan kekacauan yang sudah ia buat. Kaos kaki bisa bebas ia lempar ke sudut mana pun, toh ada yang bertugas memunguti.

Cerita berlanjut ketika Zeyara berkunjung ke rumah pamannya. Karena istri sang paman mengalami kecelakaan sehingga harus dirawat di rumah sakit, jadi Zeyara berinisiatif untuk melakukan kunjungan rutin ke rumah sang paman. Saat itulah ia kemudian bercerita pada pamannya, bahwa ia sangat membutuhkan seorang istri. Sang paman yang bijak itu pun sudah bisa menerka alasan keinginan Zeyara yang tiba-tiba tersebut.

Sang paman kemudian menasehati Zeyara bahwa peran istri dalam sebuah pernikahan bukanlah menjadikan dia seorang pembantu, meskipun hal tersebut memang akan dikerjakan istri. Namun akan lebih baik jika suami menganggap istrinya adalah partner, keduanya  saling melengkapi. Islam sendiri tidak pernah mengajari seorang suami untuk bertindak arogan pada istri, seolah-olah dia adalah tuan sementara istri adalah budaknya. Rasulullah bahkan pernah berkata bahwa sebaik-baiknya lelaki adalah ia yang berbuat baik pada istrinya. Jika kita mau membaca sejarah hidup Rasulullah, kita akan tahu betapa Rasulullah adalah sosok suami yang sempurna. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita ketahui dari Rasulullah saat memerankan sosok suami dan betapa ia sangat menghargai para istri:

1.  Selagi Bisa, Beliau Mengerjakan Sendiri

Kalau ada pakaian yang koyak, Rasulullah menambalnya sendiri tanpa perlu menyuruh isterinya. Beliau juga memerah susu kambing untuk keperluan keluarga maupun untuk dijual.

2.  Ikut Membantu Istri di Rumah

Setiap kali pulang ke rumah, dan belum ada makanan yang siap dimakan, sambil tersenyum baginda menyingsingkan lengan bajunya untuk membantu isterinya di dapur.  Aisyah bercerita, ‘Kalau Nabi berada di rumah, beliau selalu membantu urusan rumah tangga’.

3.  Tidak Marah Meskipun Kecewa



Pernah baginda pulang pada waktu pagi dalam keadaan lapar, tetapi dilihatnya tidak apa pun untuk sarapan. Bahkan yang mentah pun tidak ada. Nabi pun bertanya, “Belum ada sarapan ya Khumaira?” (Khumaira adalah panggilan mesra untuk Aisyah).

Aisyah menjawab dengan agak serba salah, “Belum ada apa-apa, wahai Rasulullah.”

Rasulullah lantas berkata, “Jika begitu aku puasa saja hari ini.” tanpa sedikit tergambar rasa kesal di raut wajah baginda.

4.  Marah pada Lelaki yang Memukul Istri

Baginda sangat marah tatkala melihat seorang suami sedang memukul isterinya. Rasulullah menegur,
“Mengapa engkau memukul isterimu?”
Lantas dijawab dengan agak gemetar, “Isteriku sangat keras kepala! Sudah diberi nasihat, tetap begitu juga, jadi aku pukul lah dia.”
“Aku tidak menanyakan alasanmu,” sahut Rasulullah. “Aku menanyakan mengapa engkau memukul teman tidurmu dan ibu dari anak-anakmu?”
Nah, poin-poin suri tauladan dari Rasulullah itulah yang ditampilkan dalam video. Bagaimana paman Zeyara  dan istrinya seling bahu-membahu dalam mengurus kebersihan rumah hingga urusan dapur. Bagaimana mereka saling menyiapkan sepatu pasangannya sesaat sebelum tidur. Dan bagaimana sang paman membuatkan puzzle berupa wajah sang istri sebagai kejutan.

Ah, video singkat ini berhasil menyentuh hati terdalam. Aku kagum melihat kehidupan sang paman dan istrinya yang tetap penuh kasih sayang meski sudah berusia lanjut. Video ini juga membuatku membayangkan seperti apa kehidupan Rasulullah bersama para istrinya dahulu. 

Video ini sangat aku rekomendasikan untuk ditonton, terutama bagi lelaki yang masih berpikiran seperti Zeyara di awal video. Setelah menonton video ini, semoga persepsimu tentang peran seorang istri bisa sedikit atau sepenuhnya berubah. InshaAllah...



 
The successful marriage is not when you can live in peace with your wife, but when you can’t live in peace without her—Yasir Qadhi

A husband said to his wife, ’50.000 years before the sky was introduced to the sea, Allah Azza Wajjalla wrote down your name next to me’.

Our love is the best love because you make my iman rise, you help me in the dunya, and for that reason I want to meet you again in Jannah.


13 comments:

  1. semoga semua suami bisa mengikuti teladan Rasulullah SAW :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin insyaAllah Mbak. Haturnuhun sudah mampir :))

      Delete
  2. Suami istri sudah seperti TEAM WORK. KEmana mana selalu tandem mengerjakan urusan rumah tangga,. Termasuk urusan mengasuh anak anak dan segala urusan di rumah cuci piring hahahaha. Asyikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ketahuan nih kalau Mas Asep sering dapat jatah cuci piring di rumah. Well done Mas Asep :) Suami yang patut dicontoh.

      Delete
  3. melihat gambar di atas, wweeeeew, Alhamdulillah kami sekarang berproses lebih baik, tugas mengasuh anak bukan melulu pekerjaan ibu dan tugas menelepon tukang service AC bukan melulu pekerjaan suami. Kita semua saling mbak...inspiratif sekali y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah... senangnya punya keluarga yang kompak dan saling membantu seperti Mbak Astin. Semoga istiqomah dan semakin harmonis. Hatur nuhun sudah mampir :)))

      Delete
  4. Zeyara O Zeyaraaa... videonya dia emang inspiratif semua. Lihat deh yang Annoying Guest, itu lucuk banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku adah lihat, aku suka partnernya yang di video itu. Kayaknya aslinya emang lucu.

      Delete
  5. Hiks, mimpi tiap wanita adalah punya suami macam itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe moga suami-suami yang nggak macam gitu bisa berubah jadi lebih baik ya Mbak ;) hatur nuhun sudah mampir.

      Delete
  6. kalo seperti itu..bener2 suami yg bikin klepek2 istri...hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya nggak semua suami bisa memahami apa yang diinginkan istri ya mbak :( hatur nuhun sudah mampir ;)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...