Thursday 12 November 2015

Inspirasi Muslimah: Samah Safi Bayazid, Professional Filmmaker dari Amerika


Bekerja sebagai professional filmmaker bagi seorang wanita mungkin tidak lagi menjadi hal yang terlalu baru. Namun, ini akan menjadi sedikit mengherankan sekaligus mengagumkan, apabila wanita tersebut adalah seorang Muslimah berhijab, dan berkarya di negara raksasa sekelas Amerika Serikat. Ya, dialah sosok wanita mungil dengan wajah khas Arab, bernama Samah Safi Bayazid.

Bersama sang suami, Samah kini menekuni dunia perfilman Islam secara profesional di negeri yang terkenal dengan industri Hollywood-nya itu. Selain bekerja untuk Inspiration Series kolaborasi Syeikh Omar Suleiman dan Mohamed Zeyara (video-videonya bisa ditonton di YouTube), Samah juga pernah bekerja untuk video musik Maher Zain dan projek-projek lainnya. Berikut adalah wawancara Samah dengan Mosaic of Muslim Women yang aku terjemahkan khusus untukmu. InsyaAllah menginpirasi.

Samah Safi Bayazid

# Ceritakan tentang latar belakangmu.

Aku adalah seorang filmmaker berumur 26 tahun yang berasal dari Yordania. Aku tinggal di Amerika bersama partner hidup sekaligus partner kerjaku, Muhammad Bayazid, untuk menciptakan sebuah rumah produksi yang profesional dan penuh makna di Amerika Utara. Ketika masih berumur 6 tahun, aku sering menggunakan sisir sebagai mikrofon untuk bicara di depan kaca. Aku bertingkah seolah menjadi seorang TV Presenter yang sedang bicara dengan bintang tamu hayalan, mengajukan beberapa pertanyaan, dan bicara pada semua audiens di belakang kamera. 

Hal seperti itulah yang dulu selalu kuimpikan, aku ingin menjadi seorang presenter TV dan punya show sendiri. Tapi setelah aku beranjak dewasa, kemudian belajar banyak tentang media dan industri perfilman secara spesifik, aku menyadari bahwa passionku bukanlah di depan kamera, melainkan di belakang kamera, di mana banyak hal ajaib terjadi.


#Bagaimana kamu membangun karirmu?
Samah Safi Bayazid

Selain belajar di Universitas Yordania, aku juga membaca banyak buku dan mengikuti berbagai kursus tentang media dan filmmaking. Aku juga belajar di New York Film Academy. Bagaimana pun, sekadar membaca dan belajar tidak akan membuatmu menjadi seorang filmmaker yang baik. Kamu butuh praktek. Jadi aku menghadiri berbagai proses pembuatan film sebelum aku memulai karir secara profesional dalam banyak projek berbeda, seperti film pendek, kampanye TV, video musik, program TV, dokumenter, dan sinetron.


# Bagaimana kalian bisa mendapatkan ide untuk ‘Inspiration Series’?

Sebuah grup media di Arab Saudi bernama Mulhim telah menghubungi sutradara Muhammad Bayazid beberapa tahun lalu. Mereka tertarik untuk memproduksi sebuah online show mengenai Nabi Muhammad SAW. Kemudian kami berkata, marilah kita kerjakan sesuatu yang berbeda. Dan sejak itulah Inspiration Series tercipta. Dalam Inspiration series, kami menampilkan kehidupan seorang pemuda Muslim masa kini dan kemudian menghubungkannya dengan kehidupan Rasulullah. 

Hal ini seperti bantahan terhadap banyaknya generasi muda sekarang, yang berpikir bahwa kehidupan serba canggih tidak lah bisa dihubungkan dengan kehidupan di masa Rasulullah. Peran utama kita, Mohamed Zeyara, awalnya tidaklah berbeda dengan kebanyakan pemuda yang berpikiran seperti itu. Hingga kemudian ia mulai membaca lebih dalam mengenai kisah Rasulullah SAW dan kehidupannya. 

Dalam video diceritakan, bagaimana Zeyara kemudian sadar bahwa hari ini hanyalah versi berbeda dari kemaren, dan bagaimana setiap manusia di jaman sekarang bisa terkoneksi dengan Rasulullah SAW yang hidup 14 abad lalu.

Check the new episode of inspiration series bellow!
 

# Apa projek lain yang pernah atau sedang kamu kerjakan?

Seperti yang sudah kukatakan, aku bekerja di banyak jenis projek berbeda, antara lain: film pendek, kampanye TV, iklan, program TV, dokumenter, sinetron, dan video clip. Video musik terakhir yang kita kerjakan adalah untuk Maher Zain berjudul ‘Muhammad’, yang sekarang sudah meraih 12 juta views di YouTube, alhamdulillah. 

Minggu lalu, kita baru saja menyelesaikan editing untuk season kedua ‘Inpiration series’  dan sekarang masih dalam tahap post-production. Video-nya akan segera dirilis inshaAllah. Kita juga sedang bekerja dalam sebuah feature film tentang kisah nyata yang terjadi di Chicago di tahun 80 hingga 90-an. Kita masih bekerja dalam tahap naskah.


# Menurutmu apakah peran Muslim Amerika dalam sebuah film? 

Sayangnya, Muslim ditampilkan dengan cara yang sangat buruk dalam film-film Hollywood dan sinetron Amerika. Kita selalu ditampilkan sebagai teroris dan orang yang brutal, atau mungkin sedikit lebih baik, sebagai kelompok yang terbelakang. Sangat penting bagi kita untuk memperbaiki persepsi tersebut, dengan cara menunjukkan pada dunia sisi baik Islam dan Muslim melalui film yang kita produksi sendiri. Ini adalah tanggung jawab kita sebagai Muslim.


#Jadi, apakah yang ingin kamu capai melalui film?

Aku ingin membantu merubah dunia menjadi lebih baik dengan cara menciptakan film yang baik. Aku juga ingin menginspirasi orang lain dan menunjukkan pada mereka betapa indah dan damainya Islam. Selain itu, aku juga ingin menginspirasi wanita Muslim dan mengatakan pada mereka bahwa kamu bisa menjadi apa yang kamu inginkan, kamu bisa memiliki peran penting di dunia ini jika kamu percaya pada dirimu sendiri. Kuncinya adalah kerja keras dan ikuti passion!


# Menurutmu, apakah kesalah pahaman orang-orang mengenai industri perfilman? 
 
Samah and husband, Muhammad Bayazid
Kesalah pahaman pertama, orang-orang beranggapan bahwa industri film itu dipenuhi oleh kegembiraan dan kemudahan. Mereka tidak tahu betapa beratnya pekerjaan kami. Persiapan selama berbulan-bulan, syuting berminggu-minggu, ditambah berbulan-bulan untuk editing dan proses post production. Setiap fasenya menuntut banyak waktu dan uang. Adapun kesalah pahaman kedua adalah, orang-orang terlalu meremehkan pentingnya Muslim untuk memiliki film production sendiri. Mereka harus percaya bahwa media bukanlah sarana hiburan semata, melainkan juga satu alat yang kuat untuk merubah dunia menjadi lebih baik.


# Apa saja peluang yang bisa diambil young Muslim dalam industri film?

Sebenarnya kita kekurangan profesional Muslim di industri perfilman. Ini artinya mereka memiliki banyak peluang! Kami butuh generasi muda Muslim baik itu lelaki maupun wanita yang mau menceburkan diri dalam proses pembuatan film, dengan cara belajar dan mempraktekkannya. Kami membutuhkan lebih banyak penulis skrip Muslim profesional, sutradara kreatif, sinematografer, editor, dan sutradara yang memahami nilai dan moral, serta mengetahui cara memanfaatkan media, juga paham apa kelemahan dan kesempatan yang bisa diambil.

Samah Safi Bayazid and team

# Sebagai Muslimah berhijab, apakah kamu memiliki tantangan tersendiri saat terjun ke dunia media?

Bekerja di bidang ini adalah salah satu yang terberat sekaligus sangat menantang bagi wanita karir secara umum. Tentu ini sangat berat bagi wanita muslim yang berhijab, karena tidak seorang pun menyangka wanita Muslim mampu terjun dalam proses pembuatan film. Terlebih dengan segala tuduhan dan kesalah pahaman orang-orang mengenai wanita Muslim, semuanya semakin berat dan penuh tantangan. Alhamdulillah sejauh ini kita selalu bekerja secara profesional, dan aku tidak lagi menemukan masalah yang berhubungan dengan hijab.


# Apa pesanmu untuk wanita Muslim yang ingin bekerja profesional dalam industri film?

Aku menganjurkan mereka untuk terus belajar, bekerja, dan manfaatkan semua media tools  untuk menyebarkan pesan mulia demi perubahan yang baik bagi ummat. Yang paling penting, aku menganjurkan mereka untuk percaya pada diri sendiri dan impian, serta jangan mudah menyerah karena jalan ini tidaklah mudah.
 
Lots of love

Sofia



2 comments:

  1. saya mimpi mau jadi salah satu pemeran tokoh dalam filmnya aja hehee

    ReplyDelete
  2. Inspiratif sekali. Semoga bisa menginspirasi para wanita Muslimah lainnya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...