Monday 9 November 2015

Muslimah, Inilah 17 Fakta yang Membuatmu Ingin Berkunjung ke Bosnia & Herzegovina


Photo credit to CherylHoward

My Dear Muslimah, adakah yang sedang merencanakan liburan ke Eropa dalam waktu dekat? Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata dengan sejarah Islam yang kental, mungkin Spanyol dan Turki akan jadi pilihan. Tapi kali ini aku punya satu negara yang tidak kalah menariknya dalam hal sejarah Islam, yaitu Bosnia & Herzegovina. Most people write it ‘BiH’, but why not B&H or BnH? Don’t ask me, it refer to Bosnian language. Bicara tentang BiH, berarti kita membicarakan sebuah tanah peninggalan Ottoman, peperangan antar etnis, dan tentu saja tragedi antara tahun 1992-1995. 


Bosnia & Herzegovina adalah salah satu negara yang sangat ingin kukunjungi setelah Turki. Ia merupakan sebuah negara di bagian Semenanjung Balkan sekaligus bagian Eropa Selatan, yang memiliki 4 juta penduduk dan terkenal dengan keeksotisan alamnya. Aku punya mimpi menginjakkan kaki di sana bukan semata karena keindahan, melainkan lebih kepada penasaran untuk melihat langsung sisa peperangan Sebrenica, juga menyaksikan keseharian masyarakatnya yang multi etnis. 

For me, Bosnia is something vintage, you know lah how much vintage stole my heart! Aku selalu membayangkan bisa berjalan-jalan menyusuri sungai Miljacka di Sarajevo, melihat rumah-rumah berwarna cokelat dengan gaya klasik, shalat di salah satu Masjid bergaya Ustmani, melihat para wanita berkerudung, serta duduk di tepi sungai Neretva yang airnya berwarna hijau kebiruan di kota Mostar. Ah, they are mind blowing...

Untuk masyarakat Indonesia, nama Bosnia memang terdengar asing. Banyak yang masih bertanya-tanya saat nama ini disebutkan. Tapi untuk travel blogger sejati, rata-rata aku pernah membaca pengalaman mereka saat berkunjung ke sana. Bagi yang sudah tahu sejarah panjang negara ini, juga keterlibatannya dalam beberapa peristiwa besar dalam sejarah, tentu akan merasa penasaran seperti apa sih aslinya. Beberapa travel agent dalam negeri juga sudah ada yang menawarkan paket wisata ke BiH. Jadi tidak perlu khawatir kalau mau menghabiskan liburan di sana.



Bagi sahabat Muslimah yang belum tahu banyak tentang Bosnia & Herzegovina, berikut aku buatkan daftar fakta-fakta mengenai negara ini:

1/ Dikenal sebagai tempat dimana ‘Timur bertemu Barat’, disinilah tempat dimana Kekaisaran Romawi Kuno pecah menjadi Kekaisaran Romawi Barat yang menganut Kristen Katolik dan Kekaisaran Romawi Timur (atau Bizantin) yang menganut Kristen Ortodoks. Perbedaan kepercayaan ini ditambah dengan kedatangan bangsa Turki Utsmaniyah pada abad ke-15 yang membawa Islam.

2/ Pembunuhan Pangeran Franz Ferdinand Autria-Hongaria, yang memicu Perang Dunia I terjadi di BiH, tepatnya di kota Sarajevo.

3/ Kota Sarajevo dikenal juga dengan sebutan ‘Yerusalem-nya Eropa’ karena sampai abad 20, negara inilah satu-satunya di Eropa yang memiliki berbagai bangunan ibadah mulai dari Masjid, gereja, dan sinagog berdiri berdampingan.

4/ Nama ‘Bosnia’ berasal dari kata Indo-Eropa yaitu ‘Bosana’, yang berarti air. Hal ini karena BiH ditutupi oleh danau yang indah, sungai, air terjun, dan sedikit bagian Laut Adriatik. Semua orang yang pernah ke Bosnia pasti mengaku kalau negara ini so pretty.

5/ Bosnia juga dijuluki sebagai ‘Heart Shape Land’ karena bentuknya yang terlihat di peta menyerupai hati.

6/ Kota Mostar memiliki sebuah jembatan yang dibangung pada abad ke-16, bergaya Ustmani karena memang dibangun oleh Ustmani. Panjang jembatan ini sekitar 28 meter melintasi sungai Neretva yang menakjubkan. Jembatan ini sempat dihancurkan pada perang 1993, dan direkontruksi tahun 2004. Sampai hari ini selalu digelar Diving Competition di sungai bawah jembatan.

7/ Didirikan pada tahun 1995 selama Perang Bosnia, Sarajevo Film Festival menjadi festival film terbesar dan paling terkenal di segenap penjuru Balkan dan Eropa Tenggara.

8/ Meskipun hanya berpenduduk 4 juta, konsumsi kopi per kapita BiH menduduki posisi tertinggi kesepuluh di dunia.

9/ Almost everything grown in Bosnia is organic. So, makanan yang kamu santap di sana terjaga kualitasnya.

10/ Pada tahun 2010, Lonely Planet’s ‘Best in Travel’ menominasikan Sarajevo sebagai ‘Top 10 Cities to Visit’ di tahun itu.
Sarajevo, Mostar, and Local People (Pinterest)

11/ BiH tidak memiliki tempat yang terlalu luxuri seperti di Dubai atau kota-kota raksasa lainnya.

12/ Mata uang BiH tidak bisa ditukar di negara manapun di dunia! Yeah memang it’s very hard to understand.

13/ Sebelum konflik di tahun 90-an, bahasa resmi yang digunakan di Bosnia adalah Serbo-Kroasia dengan dialek. Tapi pasca perang, BiH punya 3 bahasa resmi yaitu Bosnia, Kroasia, dan Serbia. Orang-orang yang baru pertama kali pindah ke negara ini sulit membedakan antara ketiga bahasa tersebut. Almost same! Tapi orang lokal selalu menenangkan, “Don’t worry, its the same language, we all understand each other’.

14/ Masyarakatt BiH menganut agama sebagai berikut: 45% Muslim (sebagian besar bangsa Bosnia), 36% Kristen Ortodoks (sebagian besar bangsa Serbia), dan 15% Kristen Katolik (sebagian besar bangsa Kroasia), dengan 1% sisanya menganut Kristen Protestan serta 3% lain-lain (ateis, Yahudi, dll).

15/ Hutan Perucca di BiH merupakan The Last Jungle in Europe. Hutan ini memiliki panjang 6 km, dan lebar 1-3 km, dengan toal luas 1.400 hektar. Hutan ini didominasi pohon yang berusia 300 tahun, dan area vintage forest yang berisi pepohonan umur 20.000 tahun. Di beberapa tempat, tumbuhannya tidak bisa tertembus. Yeah, mirip dengan hutan di Borneo lah ya.

16/ Pembayaran dengan kartu kredit masih asing di negara ini. Mereka lebih menyukai pembayaran tunai, dan punya ketakutan berlebih untuk menyimpan uang di bank. Mungkin karena pengalaman juga, dulu mereka pernah nyimpan uang di bank, begitu perang, they lost everything! So they really enjoy ‘Cash Culture’.

17/ Percaya atau tidak, masih ada sekitar 200.000 ranjau tertanam di negara ini. Jadi saat walking around there, you should obey the local rules and don’t sok-sok an. 

Bagaimana, apakah ada niat untuk memasukkan BiH dalam Travel List-mu? Jika kamu datang ke sana, berarti kamu juga bisa sekalian berkunjung ke negara-negara Balkan lainnya. But, stay careful, meskipun sudah banyak yang merekomendasikan, BiH masih sedikit mengkhawatirkan.


Lots of Love
Sofia


References:
http://blog.generationsforpeace.org
http://cherylhoward.com
http://www.expatsblog.com/



4 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...