Friday 20 November 2015

Tiga Gadis Muslim ini Mendirikan Penerbitan Buku di Canada




Kisah inspiratif kali ini datangnya dari Canada, tentang tiga orang gadis bersaudara yang menurutku sangat menakjubkan. Hidup sebagai imigran, minoritas, dan berhijab, ternyata tidak pernah menghalangi mereka untuk bersaing dengan muda-mudi Canada lainnya.

Mereka adalah Hodan, Ilhan, dan Ayan. Ketiganya bekerja sama membangun sebuah penerbitan buku yang diberi nama Qurtuba Publishing House. Ide membuat sebuah penerbitan ini bermula dari rumah mereka yang dipenuhi buku, baik itu buku Islam maupun umum. Tidak ada televisi di rumah mereka, bukan karena tidak mampu membeli, tapi itulah aturan dari orang tua mengingat betapa mengerikan siaran TV di negara Barat. Jadi mau tidak mau, hanya bukulah yang menjadi tujuan ketiga gadis itu. Mereka membaca dan berimajinasi seluas-luasnya.

Begitu lulus dari universitas, ketiga gadis ini ternyata telah tumbuh dengan keahliannya masing-masing. Ada yang ahli memotret, membuat video, perawat, namun tetap saja mereka memiliki satu passion yang sama, yaitu entrepreneurship.

Melihat kondisi komunitas Muslim saat ini, mereka tergerak untuk mendukung dan mendorong pertumbuhan sosial dalam masyarakat Muslim. Mereka penasaran akankah gadis Muslim seperti mereka bisa membuat usaha yang akan mengilhami umat Islam untuk mengatasi berbagai hambatan sosial dan spiritual?

Qurtuba Publishing House yang mereka kelola berfokus pada buku-buku yang memberikan solusi relevan dan praktis bagi umat Islam; membantu umat mengatasi tantangan-tantangan bersama melalui publikasi terbaru. Selain itu, QTH juga diharapkan menjadi platform bagi Muslim untuk membahas isu-isu yang relevan serta menginspirasi agar Muslim bisa menjadi komunitas yang produktif.

Salah satu dari mereka, Hodan Ibrahim yang merupakan Co-Founder sekaligus Marketing Majager di QPH, selain seorang social entrepreneur, ia juga sangat lihai menulis. Sejauh ini sudah ada dua judul buku yang diterbitkan, yaitu A Guide to Overcoming Conflicts with Immigrant Parents, yang membahas tentang pemecahan masalah antara orangtua dan anak dalam sebuah keluarga imigran. Salah satunya tentang bagaimana orangtua imigran mampu mendidik anak-anak mereka dengan nilai-nilai Islam di tengah kehidupan Barat yang bebas. 

Buku kedua berjudul How to be a Muslim Woman Entrepreneur. Seperti judulnya, buku ini membahas secara gamblang bagaimana seorang wanita Muslim bisa menjadi pengusaha. Di dalamnya dilengkapi tips, trik, sekaligus panduan step by step untuk wanita yang akan memulai berwirausaha.

Dua buku lagi yang akan segera diterbitkan berjudul Lead Like Muhammad: 25 Proven Leadership Lessons from the Life of the Prophet to Lead Effectively dan The Health Conscious Muslim: One Muslim Woman’s Journey of Navigating the World of Health and Fitness. Keduanya masih pada tahap pre-order.

Mereka bercita-cita untuk memperluas publikasi yang melingkupi topik seperti lingkungan hidup, keberlanjutan kepemimpinan, dan keuangan pribadi, yang dipandang dari erspektif Islam. Mereka berharap buku-buku tersebut mampu menghidupkan kembali aspek-aspek Islam yang telah dilupakan atau kurang diperhatikan.

Mereka sangat percaya bahwa satu-satunya orang yang benar dan akurat dapat mewakili wanita Muslim di media (tv, radio, publikasi, forum dll) adalah wanita Muslim itu sendiri. 

Setiap wanita Muslim memiliki cerita pribadi, dan kadang-kadang sangat inspiratif. Agar dunia mengetahui, mereka sendiri lah yang harus menulisnya. Jika ditulis oleh pihak lain, mereka hanya patuh pada kepentingan sendiri, dan hasilnya adalah kesalah pahaman seperti yang terjadi saat ini.
“Jika kalian punya cita-cita menjadi penulis, maka kejarlah dan raih cita-cita tersebut. Allah SWT mengatakan bahwa Dia tidak akan mengubah kondisi suatu kaum hingga mereka bersedia untuk mengubah diri mereka sendiri. Jika kita ingin Allah SWT, dengan kasih dan karunia-Nya, mengubah kondisi kita, maka kita pun harus bersedia untuk melangkah keluar dari zona nyaman dan bekerja untuk kepentingan-Nya.” Ucap Ayan Ibrahim.
 Referensi: mosaicofmuslimwomen.com

2 comments:

  1. Wow, luar biasa .... Pingin deh ada yang dukung penerbitanku juga. :(

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...