Thursday 26 November 2015

11 FAKTA PERJALANAN SUKSES FENY MUSTAFA, PENDIRI SHAFIRA DAN ZOYA




1/ Pada masa-masa awal brand Shafira diwujudkan, Ibu Feny hanya dbantu oleh 1-2 orang karyawan.

2/ Ibu Feny memulai usaha di usia muda, sebelum menikah, tepat pada tahun 1989. Bisa dikatakan Shafira adalah pelopor busana Muslim di Indonesia.

3/ Modal didapatkan dari hasil pinjam sama-sini. Mulai dari keluarga, sahabat kampus, hingga teman. Semuanya hanya bermodalkan satu hal, yaitu kepercayaan.

4/ Teman-temannya sampai rela meminjam uang pada orangtua mereka demi membantu usaha Ibu Feny.

5/ Awalnya modal yang terkumpul hanya 200 ribu, lalu naik menjadi 1 juta, hingga mencapai angka 12 juta.

6/ Nama Shafira pun diambil dari bahasa Arab “Shaf” yang artinya barisan yang kokoh dan rapi yang menunjukkan salah satu karakter dakwah. Selain itu, kata Shafira juga terinspirasi dari batu Shafir yang memiliki kemilau biru indah sehingga beliau berharap busana Shafira yang dipakai oleh para muslimah mengesankan kelembutan dan keanggunan.



7/ Di masa-masa awal, produk Shafira dijahit oleh penjahit yang dekat dengan Ibu Feny.

8/ Pemasaran awal Shafira dengan cara meminjamkan pakaian tersebut ke teman-teman untuk acara-acara tertentu.

9/ Pada masa krisis 1998, Shafira merupakan salah satu yang terkena imbas. Ibu Feny kualahan untuk membayar pinjaman modal karena omset penjualan yang menurun drastis. Tapi beliau tidak menyerah. Dengan sabar Bu Feny mendatangi satu persatu para pemilik modal, kemudian menjelaskan situasi yang sebenarnya.

10/ Bu Feny memiliki jaringan yang luas. Ia terkenal supel dan punya banyak teman. Bahkan di masa-masa awal perkembangan Shafira, semua temannya tidak segan-segan membantu secara sukarela. Ada yang memberi pinjaman uang, mesin jahit, membantu paruh waktu, hingga doa. Saat Bu Feny mengadakan show, teman-temannya pun bergotong royong turut membantu.

11/ Kini Shafira Corporation yang ia dirikan telah berhasil mengembangkan lebih dari 20 Store Shafira dan 100 Store Zoya yang tersebar diseluruh wilayah nusantara untuk memenuhi kebutuhan para pecinta fashion muslim Indonesia.



KUNCI SUKSES ALA FENY MUSTAFA:

 # Passion. Ini merupakan salah satu pondasi dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses dalam bidang apapun. Dengan passion, kita jadi lebih sabar dan tangguh untuk mengelola dan mengembangkan usaha yang dilakoni. Sebaliknya tanpa passion, kita akan cepat merasa bosan, malas, tidak semangat, terpaksa, dan bahkan berhenti di tengah jalan.

 # Profesional. Sulit mengembangkan usaha tanpa poin yang satu ini. dengan profesionalitas, maka para mitra dan kolega akan memberikan kepercayaan penuh kepada kita. Bisa dikatakan, seseorang yang profesional adalah ia yang bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan.



# Etos kerja yang tinggi (Work ethos). Rasanya tidak ada pengusaha yang sukses hanya dengan bermalas-malasan. Seandainya hari ini ia bisa duduk santai dengan fasilitas VIP, cobalah lihat ke belakang. Cari tahu seperti apa perjuangannya.

 # Memperluas jaringan silaturahim (Networking). Dalam Islam kita mengenal bahwa silaturahim itu membawa rejeki, ternyata benar adanya. Dengan networking yang luas, kita bisa dengan mudah mempromosikan produk, mencari mitra, termasuk meminta bantuan.

# Ductile and Creative (ulet dan kreatifitas) adalah formula ampuh karena dengan karasteristik ini Shafira dan Zoya yang tergabung dalam Shafira Corporation mampu menghadirkan id-ide orisinil dan inovasi baru dalam setiap pengembangan produknya.

# Business Maintainance (Pemeliharaan bisnis). Percuma jika bisa membangun, tapi tidak bisa memelihara. Itu sama artinya dengan terbang menggunakan balon udara, namun begitu sampai di ketinggian 100 meter, kamu memotong talinya.

# Rejuvenation and Improvement. Selalu Melakukan Pembaharuan (produksi, creative development, marketing). Hal ini agar produk maupun proses produksi tidak tertinggal jaman, sehingga mampu bersaing dengan brand sejenis.

Lots of Love
S O F I A | Z H A N Z A



8 comments:

  1. Produk ZOYA banyak saya baca dari artikel di berbagai situs di internet. Bahkan di Twitter pun banyak bersliweran tawaran tawaran promo itemnya. Untuk di Pontianak Sendiri juga sudah banyak iklan iklan dari ZOYA yang ditampilkan di TV lokal di Pontianak. Memang keren ZOYA. Very cool

    ReplyDelete
  2. Saya jadi tertular semangat setelah membacanya. Semoga usaha kecil yang saya rintis bisa sukses. Aamiin...

    ReplyDelete
  3. Wow, semangat mereka luar biasa. Gak boleh kalah nih.

    ReplyDelete
  4. Pengen juga punya bisnis seperti Bu Feny

    ReplyDelete
  5. kisah usaha yang sukses dengan perjuangan luar biasa ya...

    ReplyDelete
  6. semoga bu feni bisa panjang umur
    agar tetep bisa memberi manfaat buat muslimah indonesia

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...