Thursday 19 November 2015

TIPS TAMPIL CANTIK UNTUK HIJABER SYAR'I


Sama seperti rambut, hijab yang kamu gunakan juga harus indah dipandang. Jangan hanya karena kamu berhijab syar’i, tidak mau dianggap berlebihan, lantas mengenakan hijab sekenanya saja. Sudah kucel, jarang dicuci, tidak rapi lagi. Ah, yang begini justru akan memperburuk citra Muslimah dalam pandangan masyarakat umum. 

Tidak peduli kamu adalah Muslimah berhijab syari atau tidak, keindahan hijab haruslah tetap jadi prioritas. Keindahan di sini meliputi kebersihan, kerapian, dan cara memakainya. Kalau sudah rapi tapi dipasang asal-asalan, hasilnya tetap saja tidak enak dipandang.

Hal lain yang paling sering terjadi adalah pemikiran kalau berhijab syar’i berarti tidak ada style hijab. Hijab syar’i itu cukup dengan selembar kain panjang yang dipin di bawah dagu. Lalu salah satu sisinya dilekatkan dengan bros di atas pundak.

Ini tidak salah, sahabat. Tapi akan lebih baik kalau kamu juga memperhatikan keindahan. Mentang-mentang syar’i, bukan berarti kamu tidak bisa tampil seperti wanita lain.

Kita bisa ambil contoh pada Oki Setiana Dewi. Di antara sederet artis Indonesia yang berhijab, Mbak Oki adalah salah satu yang memilih untuk tetap tampil syar’i. Namun syar’i nya Mbak Oki tetap nyaman di mata orang-orang yang melihat. Justru kagum.

Aku ingat pertama kali menghadiri seminar Mbak Oki sekitar 2 tahun lalu di kampus. Begitu ia masuk ke ruangan, spontan peserta yang 100% Muslimah itu langsung membuka mulut. 

Semua kagum pada kecantikannya. Aku sendiri tidak menyangka Mbak Oki secantik itu. Bahkan seumur hidup, rasanya aku belum pernah melihat langsung wanita secantik Mbak Oki. 

Saat itu Mbak Oki mengenakan gamis jersey berwarna hitam dan hijab bergo panjang warna biru donker. Ia mengenakan sepatu heels tinggi, dan sebuah tas menyampir di pundaknya. 

Kira-kira, selain wajahnya yang memang sudah jelita dari sananya, apa lagi yang membuat penampilan Mbak Oki istimewa?
 
Hijab syar'i tidak melulu soal warna tua
Jawabannya adalah kelihaiannya dalam memilih gamis dan hijab, juga sedikit make-up di wajah. Meskipun syar’i, Mbak Oki tidak asal-asalan dalam berpenampilan. Sehingga aura yang muncul adalah seorang wanita Muslimah berkarakter, ilegan, serta menyenangkan hati saat dipandang.

Inilah poin yang kumaksud. Jadi meskipun kita berhijab syar’i, tetap tidak lupa memperhatikan penampilan. Syar’i bukan berarti kamu harus selalu mengenakan sandal flat kulit bertali, tas ransel, hijab kaku yang bahkan angin takut benjol saat menambraknya, kaos kaki kucel, dan wajah berminyak. 

No, we should upgrade this mindsheet. Berikut adalah beberapa hal yang mesti para hijaber syar’i perhatikan, perbaiki, atau bahkan diganti sama sekali.

# Pilihlah gamis, rok, atau atasan, dengan warna yang yang cocok dengan kepribadian.

# Pilihlah pakaian dan hijab model terbaru. Sekarang sudah banyak kok pakaian dan hijab syar’i yang tidak kalah stylish. Kamu bisa berangsur-angsur membeli satu per satu.

# Pilih bros yang minimalis dan manis, bukan yang sebesar bunga matahari.

# Jangan asal-asalan dalam memadu-padankan warna. Aku sering melihat ini di lingkungan kampus, di mana hijaber syar’i selalu tabrak warna. Rok cokelat, baju hijau, dan kerudung pink. Aduhhh...

# Jaga wajah agar selalu tetap segar dan bebas minyak. Ingat, syar’i bukan berarti diharamkan menggunakan make-up. Gunakanlah secara pantas, sesuai keadaan dan momen. Kalau ke kampus atau kerja, pilih yang tipis dan natural. Kalau ke kondangan, boleh lah yang lebih tebal.

# Stok kaos kaki itu hukumnya Fardu ‘Ain. Kalau kamu selalu mengenakan kaos saat keluar rumah, maka wajib hukumnya menyediakan kaos kaki yang banyak. Jangan sampai gantinya satu minggu sekali. 

# Saat membeli alas kaki, pilihlah yang modelnya tidak jadul dan tua. Bedakan antara model kuno dan model yang ilegan. 

# Kamu juga bisa mengenakan hijab aneka model, tidak melulu hijab segi empat. Ada banyak toko offline dan online yang menjual hijab over size khusus bagi hijaber syar’i, jadi kamu tetap bisa mengenakan pashmina. 

Hijab syar'i tidak membatasasimu untuk memilih model dan memakainya dengan style yang lebih fresh, tidak terkesan tua.
Dapatkan gamis dan hijab oleh Oki Setiana Dewi di @osdonline

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh hijaber syar’i. Ingat selalu, hijab itu membuat orang-orang yang melihat langsung bisa menebak bahwa kamu seorang Muslim. Penganut Islam. 

Jangan sampai mereka beranggapan bahwa Islam adalah agama yang kuno, tidak update, terbelakang, jorok, kucel, hanya karena hal itu lah yang terlihat darimu. Show the world that Muslim women also can be stylish with their own way. Keep inspiring ;)




Lots of Love
Sofia

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...