Wednesday 16 November 2011

Unsur Germanium (Ge) untuk Referensi SMA


 Sejarah
      Germanium pertama kali ditemukan oleh Clemens A. Winkler di Freiberg Jerman pada tahun 1886. Nama Germanium sendiri diambil dari bahasa latin yaitu GermaniaI. Germanium dalam sistem periodik unsur diletakkan pada golongan IV A periode ke 4.

Kelimpahan Germanium di Alam:

     Germanium murni ditemukan dalam bentuk yang keras, berkilauan, berwarna putih keabu-abuan, tapi merupakan metalloid yang rapuh. Germanium stabil di udara dan air pada keadaan yang normal, dan sukar bereaksi dengan alkali dan asam, kecuali dengan asam nitrat.

Jenis Senyawa Unsur Germanium:

* GeO2
* GeCl4
* GeS2
* SiGe

Isolasi dan Produksi Germanium:

     Sumber Logam Germanium yaitu argyrodite (sulfida dari germanium dan perak) argyrodite, a sulfide of germanium and silver germanite, which contains 8 percent of the element; germanite (mengandung 8% germanium); seng ores; batu bara; dan mineral lain.

Manfaat Germanium:

    Germanium merupakan salah satu semi konduktor penting, terutama digunakan dalam transistor dan rangkaian terintegrasi, yang dibuat dari campuran sedikit arsen, gallium dan logam lain. Oksida germanium seringkali ditambahkan ke gelas atau kaca yang digunakan dalam wide-angle lenses dan alat inframerah untuk meningkatkan angka bias.

    untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai postingan ini, silahkan kunjunig website kami di: www.ojimori.com. Selain itu, kami juga menyediakan postingan lain mengenai artikel ilmiah dan opnini tentang update kabar terkini, kami harap anda dapat mengunjungi website kami dan memberi saran serta komentar demi perbaikan kedepannya. Anda juga dapat membaca artikel mengenai unsur kimia lainnya, misalnya unsur kimia alkali, alkali tanah, serta golongan transisi,. kami berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi pembaca kami. 
(dikutip dari URL di bawah) semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...