Thursday 11 July 2013

Copy-Paste: Muslimah ke Masjid?

Assalamualaikum...
Tadi habis buka twitter dan nemuin tweets oke di TL nya Ust.Felix Siauw. Berikut saya susunkan dan diedit sedikit, semoga bermanfaat.
Check it out!!!

1.Nabi saw bersabda, “jangan kamu melarang istri-istrimu (shalat) di masjid, namun rumah sebenarnya lebih baik untuk mereka” (HR Ahmad)

2. Nabi juga bersabda, “sebaik-baik tempat shalat bagi kaum wanita adalah bagian paling dalam (tersembunyi) di rumahnya” (HR Ahmad)

3. Jadi jelas, keutamaan shalat Muslimah adalah di rumah, walau boleh saja berjamaah di masjid (karena shahabiyah juga lakukan itu).

4. Bagaimana dengan pahala jamaahnya Muslimah bila shalat sendiri? (insyaAllah shalat di rumah pahalanya lebih utama daripada di masjid).

5. Seringkali shalat berjama'ah memberikan semangat lebih, lebih-lebih bila ada kajian ilmu di masjid  (maka bagus pula bagi Muslimah hadirinya).

6. Adab wanita shalat berjamaah di masjid yaitu, tak memakai wewangian (wanita tak dibolehkan pakai wewangian kecuali hanya di depan muhrim).

7. “Perempuan mana saja yang pergi ke masjid maka jangan sekali-kali dia mendekati (memakai) minyak wangi” (HR Nasa'i).

8. “Tidaklah wanita pergi ke masjid menyebar bau wanginya diterima Allah shalatnya sampai dia kembali ke rumah dan mandi” (HR Baihaqi).

9. Adab lainnya, bahwa sebaik-baik shaf bagi perempuan adalah yang paling belakang, jadi penuhi bagian belakang lebih dahulu.

10. ...Sebaik-baik shaf bagi perempuan adl yg paling terakhir dan seburuk-buruknya adalah yang paling pertama" (HR Muslim).

11. Juga termasuk adab, apabila Muslimah selesai berjamaah, segera pulang ke rumah mereka, kecuali ada taushiyah ilmu yang disimak :)

12. “Wanita yang ikut hadir shalat berjamaah, selesai salam segera bangkit ke rumah . Rasul saw dan lelaki tetap di tempat" (HR Bukhari).

13. Singkat cerita, nanti pas ramadhan, boleh saja wanita tarawih jama'ah (malah bagus karena bisa dengarkan kajian).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...