Saturday 6 February 2016

3 Tempat di Dunia yang Sangat Ingin Dikunjungi



Setiap orang memiliki impian, entah itu impian ingin memiliki rumah, karir bagus, profesi tertentu, atau mengunjungi suatu tempat. Sebenarnya ada banyak tempat yang ingin kukunjungi di dunia ini. Bahkan semuanya. Namun tiga tempat berikut menempati urutan tiga besar di dalam hati. Bahkan saat disebut namanya saja, rasanya sudah sangat bahagia.

Berikut adalah 3 tempat yang menjadi impianku itu:


Istanbul, Turki

(Lupa sumbernya nih, udah lama di-download)
Image source: @mualliiime

Bagi mereka yang sering mampir ke blog ini, pasti sudah fasih kalau aku adalah pecinta Turki nomor wahid di negeri ini. Hehe. Aku memimpikan Turki sejak umur 14 tahun, dan alhamdulillah sampai hari ini belum diberikan kesempatan berkunjung ke sana. Tapi aku yakin seratus persen, suatu hari (semoga segera) aku pasti datang ke sana.

Sebenarnya ada banyak kota di Turki yang ingin kukunjungi, hanya saja Istanbul adalah first destination-ku. Ada banyak sejarah besar yang terjadi di kota itu. Dan sama seperti kalian, aku juga ingin napak tilas di sana. Satu hal yang menjadikan Istanbul begitu istimewa adalah selat Bosphorusnya. Aku ingin suatu hari bisa menyeberangi Bosphorus bersama orang-orang yang kusayang, plus pengen nyobain es krim Turki yang terkenal itu lho.


Mostar, Bosnia Herzegovina

Stari Most (Image source: viator.com)
Image source: neverendingfootsteps.com/

Apa yang ada di pikiranmu ketika nama Bosnia Herzegovina disebutkan? Pasti peperangan dan genosida di tahun 1992-1995 kan? Nah, dulu aku juga berpikir begitu. Dulu aku mengira Bosnia itu adalah negara yang tidak ada cantiknya sama sekali. Ah, paling cuma menampilkan sisa-sisa peperangan.

Tapi semua point of view ku tersebut seketika putar haluan ketika aku banyak membaca tentang Bosnia. Jika ditanya kapan pertama kali aku jatuh cinta ada negara ini, aku sudah lupa persisnya. Kalau tidak salah, beberapa tahun lalu (sekitar 2014), aku sempat membaca sejarah genosida yang pernah dialami oleh kaum Muslim. Nah, genosida di Bosnia ini salah satunya. Tidak tahunya, bukan malah takut, justru jatuh cinta. 
www.chloemilne.com
Sister in Bosnia (Source: www.islandx.com)
Di Mostar, satu tempat yang pertama kali ingin kudatangi adalah area Old Town dimana jembatan Stari Most dan Masjid Koski Mehmed Pasha berdiri. Lalu aku akan menyusuri sungai Neretva yang berwarna hijau kebiruan. Oh ya, meskipun Bosnia ini masuk dalam benua Eropa, tapi penduduknya mayoritas Muslim. Hal inilah yang membuatku begitu penasaran. Pasti menyenangkan bisa berkunjung ke negara Balkan dan bertemu sahabat-sahabat Muslim.


Kashmir, India & Pakistan

Paradise on Earth. Source: makemytrip.com
Image source: moroccanmaryam.typepad.com
Ketika Kashmir disebutkan, maka orang-orang yang pernah mengunjunginya spontan akan berkata bahwa tempat ini adalah surga yang diturunkan ke dunia. Mimpiku untuk mengunjungi negara ini semakin bertambah usai menonton film Bajrangi Bhaijaan. Ah, kamu pasti sudah nonton kan? Jangan sampai tidak ya. Ini film India yang paling kurekomendasikan sepanjang sejarah perfilman Bollywood. Hehe

Entah bagaimana aku bisa datang ke Kashmir. Apakah itu melalui India atau Pakistan, aku tidak begitu peduli. Yang penting bisa sampai ke sana. Tapi aku berharap bisa masuk ke Kashmir melalui Pakistan. Terus bisa sekalian mengintip Afghanistan yang juga tetangganya Pakistan. Percaya atau tidak, aku juga ingin sekali datang ke Afghanistan suatu hari kelak. Tentu jika situasi di sana benar-benar sudah aman untuk dikunjungi. 

Tuh kan tulisannya sudah melenceng ke mana-mana. Kembali pada Kashmir, sebenarnya semua orang tidak meragukan kecantikan tempat ini. Gunung-gunungnya yang diselimuti salju, hutan pinusnya, padang hijaunya, pesona danau Dal-nya, perahu-perahu yang memuat bunga, juga domba-domba yang sedang merumput. Hanya saja keindahan tersebut tidak begitu terekspos akibat konflik berkepanjangan hingga hari ini. 

Bahkan nih ya, banyak film Bollywood yang seharusnya mengambil setting di Kashmir terpaksa harus cari alternatif. Kadang mereka syuting sampai ke Polandia atau Swiss, demi mendapatkan view yang mirip. Why? Ya itu tadi, Kashmir itu daerah konflik. Mungkin mereka merasa kurang safe aja kalau harus syuting ke sana. Tapi tenang saja, film Bajrangi Bhaijaan sungguhan syuting di Kashmir, kok. Makanya harus nonton ya!

Wajib ya nonton yang satu ini! Jika aku pernah merekomendasikan film, ini ada di urutan pertama.
Nah, itulah tadi tiga tempat di dunia ini yang paling ingin kukunjungi. Jangan protes ya kenapa Makkah dan Madinah tidak masuk list. Sebagai Muslim, Makkah dan Madinah itu harus selalu jadi prioritas. Itu impian di atas impian. Sebelum ke berbagai tempat lain, kalau bisa ya ke sana dulu. Kalau ditanya kapan pengen umroh? Setiap detik aku pengen, apalagi kalau perginya bareng Bapak Ibuk. Andai aku belum diberi kesempatan berkunjung ke Rumah Allah, setidaknya aku terus mendoakan agar Bapak dan Ibuk bisa pergi terlebih dahulu. 

Untuk tiga negara di atas, bagi aku dan kamu yang juga bermimpi ingin mengunjunginya, yuuuk perbanyak meminta pada Allah swt, insya Allah kalau kita yakin suatu hari akan ke sana. Percaya sama kekuasaan Allah, kan?

9 comments:

  1. Aku juga pingin ke sini ... Tapi kapan? :D

    ReplyDelete
  2. ya Allah khasmirrr, itu perbatasan pakistan india yg tempatnya cantik banget, ajak aku kesana dong sofiiii

    ReplyDelete
  3. Percaya banget ka, Insyaalloh jika Alloh menghendaki :)

    ReplyDelete
  4. AKU JUGA PENGEN BANGEEETTT... SEMOGA SUATUSAAT KESAMPAIAN

    ReplyDelete
  5. Istambul....kota yang cantik, setidaknya sering liat di film-film Turki

    ReplyDelete
  6. insha allah kalau ada usaha dan doa pasti bisa

    ReplyDelete
  7. terimakasih banyak untuk referensinya sangat membantu sekali!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...