Wednesday 16 March 2016

5 Fakta tentang Ankara yang Harus Kamu Ketahui




Siapa yang tidak kenal Ankara, semua yang tahu Turki pasti tahu kota satu ini. Apalagi, Ankara adalah ibukota Turki itu sendiri. Meskipun kalau soal kepopuleran, Ankara kalah jauh dibandingkan Istanbul. Justru banyak orang awam pengetahuan tentang Turki beranggapan ibukota Turki itu ya Istanbul. 

Oh tidak kawan-kawan, mulai sekarang mari catat dengan baik, ibukota Turki itu Ankara. Dulu memang Istanbul itu dijadikan pusat pemerintahan, setidaknya di masa kekhalifahan Ustmani. Sampai akhirnya Ottoman ambruk dan digantikan republik, barulah Si Mustafa Kemal meminta ibukota dipindahkan ke Ankara. 

Alasannya sederhana, Istanbul itu kan identik dengan Islam, jadi Mustafa tidak mau pusat pemerintahannya ada bau-bau Islam. Istanbul harus disingkirkan. Sejak itulah Ankara didaulat jadi pusat administrasi Turki. Tapi kalau soal wisata, Ankara tidak ada apa-apanya. Jangan heran kalau kamu booking paket wisata Turki, Ankara tidak masuk dalam jadwal. Biarpun begitu, bukan berarti sama sekali tidak ada hal menarik yang bisa dijumpai di sana. Berikut beberapa fakta Ankara yang mungkin bisa menarik perhatianmu untuk backpacker ke sana. Have a look yes!


1.    Ankara juga Punya Lokasi Kumuh


Sama seperti Jakarta, kota sekelas Ankara juga punya sisi gelapnya. Ingin merasakan suasana hidup di kota ini, sebaiknya kamu testing dulu hidup di Jakarta. Ankara itu terkenal dengan biaya hidup yang mahal, terutama untuk kamu yang pilih tinggal di lokasi elit Kavaklidere. Orang yang punya rumah di Ankara itu kalau tidak kaya sekali, bisa dipastikan miskin sekali. Kelas menengah lebih senang tinggal di apartemen. 

Kalau kamu ingin menyaksikan sisi kumuh Ankara, silakan datang ke sebuah kawasan dekat Ankara Castle. Hanya saja, beberapa orang tidak merekomendasikan ‘orang-orang biasa’ untuk datang ke sana. Karena bisa jadi kamu tidak akan pernah keluar hidup-hidup. Huu, ngeri juga, ya. Kira-kira diapakan di dalam sana. Tapi kalau kamu merasa mampu, tentu datang ke sana akan jadi pengalaman istimewa.


2.    Taman Terkenal Bernama Guven Park

GuvenPark, Ankara (Photo by Mehmet Akinci)

Guvenpark ini bisa diterjemahkan sebagai Taman Damai. Letaknya ada di Kizilay alias pusat kota Ankara. Taman ini dilengkapi patung, bangku-bangku, dan air mancur. Banyak burung merpati yang menanti remah roti darimu juga. Pada hari libur taman ini akan jadi sangat ramai. Banyak masyarakat Ankara memilih menghabiskan waktu bersantai di taman ini. Mereka berkumpul bersama keluarga, bertemu sahabat dan kenalan, kekasih, lalu asik berbincang dan bercengkerama sepanjang hari. Suasana damai di taman ini tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Ankara.


3.    Rata-Rata Penduduk Ankara tidak Bisa Bahasa Inggris


Nah, bagi kamu yang sudah menyiapkan perjalanan ke Ankara, ada baiknya belajar bahasa Turki dulu, meskipun hanya sedikit. Itu akan sangat membantu selama di sana. Berbeda dengan penduduk Istanbul yang sebagian paham bahasa Inggris, di Ankara ini sulit sekali menemukan native yang bisa bahasa Inggris. Mereka itu terlalu bangga dengan bahasa negaranya. Setidaknya kamu ngerti lah kalau ada yang bilang Tesekkur ederim itu artinya thank you, Ozur dilerim itu I am sorry, merhaba itu hellow, dan lain-lain.


4.    Supir Taksi di Ankara Lebih Jujur Dibandingkan di Istanbul


Istanbul kan terkenal sebagai kota wisata, jadi sudah biasalah kalau urusan mengerjai orang. Sama saja seperti di Indonesia. Watak orang di seluruh dunia ini sama, tidak peduli mereka dari negara mana, ras apa, pasti ada yang baik atau buruk, jujur atau penipu, amanah atau ingkar. Itu sudah sunnatullah. Karena Istanbul selalu dipadati turis, makanya banyak supir taksi yang suka main tipu-tipu. Sama aja kayak beberapa supir taksi di tanah air. Kalau kita tidak tahu jalan, alamat akan dibawa thawaf keliling kota dulu sebelum diantar ke tujuan. Akibatnya ongkos jadi jebol, belum lagi kalau di luar, kita harus keluar uang tip juga. Tentu hal seperti ini sangat menakutkan bagi traveler dengan budget minim.

But don’t worry untuk kamu yang mau main ke Ankara, karena berdasarkan pengalaman seseorang yang sudah pernah menetap di sana bertahun-tahun, penipuan ala supir taksi di kota ini bisa dibilang sangat minim. Mungkin ada, tapi tidak begitu tampak. Intinya selama di Ankara, kamu tidak perlu khawatir ditipu supir taksi. Bukan berarti kamu malah lengah, lho!


5.    Makamnya Mustafa Kemal di Anitkabir

Photo by neptuneholidays.in

Sepertinya kunjungan ke makam Bapaknya orang Turki ini jadi agenda wajib buat kamu. Belum afdol rasanya kalau ke Ankara tapi belum berkunjung ke sini. Memang ada apa saja di sana? Yang pasti ada kuburan. Selebihnya kamu bisa lihat barang-barang peninggalannya Mustafa, baik itu yang super penting seperti pakaian dinas, sampai yang super tidak penting seperti pakaian dalam. Bahkan anjing kesayangan Mustafa yang sudah dijadikan mumi pun ada di sana. 
 
Jangan disangka Anitkabir ini hanya onggokan tanah seperti makam orang biasa, makam yang satu ini kelas elit. Saat pembangunan saja membutuhkan waktu sampai 8 tahun. Luasnya jangan ditanya. Kalau kamu ngotot jalan kaki mengelilingi nih pemakaman, bisa dipastikan pulangnya bakal duduk nyantai di dalam ambulan. Hihi 

Nah, itulah tadi 5 fakta tentang kota Ankara yang harus kamu ketahui. Harapannya mulai sekarang kamu tidak berpikir kalau Turki itu melulu tentang Istanbul. Ya, maklum ya di sinetron-sinetron Turki yang diimpor ke Indonesia, setting tempatnya kebanyakan di Istanbul. Menurutku sih pilihan si Mustafa kali ini ada baiknya juga. Mereka tidak menumpang tindihkan segala pusat aktivitas di satu kota aja. Jadi pertumbuhannya pun bisa merata. Hmm, ada yang mau ke Turki dalam waktu dekat?

5 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...