Sunday 19 October 2014

Mulai Mencintai Lagu Turki

Aku sudah mencintai segala sesuatu tentang Turki, sejarahnya, bahasanya, orang-orangnya, tanahnya, kota-kotanya, desanya, dan apapun itu. Hanya satu yang selama ini berusaha juga kucintai, yaitu lagu. 

Soal musik Turki aku udah familiar dengan Mehter yang kukenal sebagai musik penyemangat saat pasukan Ottoman berperang. Musiknya khas dan... memang benar membuat siapa aja yang denger jadi semangat. Nggak bisa kubayangkan gimana musik itu menggema di saat peperangan dulu, ketika getarannya bersatu padu sama bunyi  pedang yang saling beradu dan jerit semangat atau kematian. Duh, wajar aja kalau musik Mehter ini seperti memiliki ruh yang mampu merubah suasana hati. Bayangkan, orang lagi berperang loh, bunuh-bunuhan, musuh dan teman satu persatu mati di depan mata, terus di sisi lain sekelompok orang  lagi main musik. Gimana tuh perasaannya?


Musik lain yang kusuka dari Turki adalah instrumental sufisme yang biasa digunakan untuk Whirling Dance atau meditasi. Itu asli damai sejahtera dengarnya. Aku suka dengar kalau pas kepalaku berasa berat layaknya ditindih satu ton batu bara. Haaah, langsung adem dan tenang gitu. Pantas aja kalau musik ini bisa dipakai untuk meditasi, nggak perlu pakai jampi-jampi atau mantra bin pemanasan dulu juga udah nyentuh banget.


Nah, dua di atas itu musik, bagaimana kalau lagu? Sejauh ini aku suka dua lagu Turki yang bernuansa Islam, bahasa gaulnya nasyid. Lagu ini kalau nggak salah kudapatkan dari dinding facebook seorang teman Turki, udah lama banget kudownload, sekitar lima bulan lalu. Musiknya khas banget, pokoknya kalau kamu sering dengar lagu Turki, pasti familiar dengan keidentikan musik Turki. Kalau nasyid biasanya ada suara kayak desahan gitu (ngeri ya?). Tapi emang bener, aku juga nggak ngerti kenapa bisa ditambah suara nggak menyenangkan begitu. But, we should to empty our mind from negative visual aja. Haha (maksud?)


Awalnya aku punya lagu (selain nasyid) dari Om Ozdemir Erdogan (penyanyi Turki generasi Bapak kita), judulnya Bana Ellerini Ver, artinya Give Me Your Hand (dapat dari google translator). Dapat lagu ini sih dari seorang Teh Sri Zehra yang sekarang tinggal di Turki ikut suami. Katanya lagu ini so sweet. Pokoknya kalimat-kalimat serius dari seorang laki-laki untuk menikahi seorang wanita gitu deh. And i love the song, walau nggak ngerti artinya, taunya senin, bana, sana, dan guzel doang.


Baru deh tadi malam saat berselancar cari lagu India baru, ketemu sama lagu Turki yang nyaman banget. Penyanyinya tetap Om Ozdemir, judul lagu aja yang beda, yaitu Ayrilik Zor yang artinya Difficult Separation (thanks google translator). Pengen sih tau semua arti liriknya, tapi udah keliling google sampai tujuh kali pun aku nggak nemu yang di-translate ke Inggris (how sad). dan aku sangat, sangat, sangat suka sama lagu ini. Banget. Bahkan sampai kudengerin berulang-ulang. Kesannya sedih gimana gitu, syahdu... lalala.


Dua lagu lain yang kudapat dari Mustafa Ceceli, penyanyi yang cukup ganteng. Judulnya Sevgilim (My Love) sama Asikardir Zat-i Hak (maaf, artinya nggak terdeteksi google translator, hiks). Buat yang ingin berkenalan dengan lagu-lagu tersebut, bisa klik video-video yang kucantumin. Nggak mesti suka juga sih, it is just my opinion. But hope you like them.

24 comments:

  1. TURKI memang terkenal ya. Saya banyak dapat referensi berbagai tempat wisata yang terkenal di TURKI yang layak dikunjungi oleh warga negara Indonesia. Salah satu obyek wisatanya adalah Air Terjun Kalsium dan masih banyak lagi. Saya baca artikel tentang TURKI di Koran Kompas tanggal 16 Oktober 2014 Halaman 38

    ReplyDelete
    Replies
    1. Majalah Detik edisi kemarin juga mengulas tempat wisata pemandian air panas di Turki.

      Delete
    2. Mas Asep: Iya Mas, beberapa tahun terakhir Turki memang jadi destinasi favorit. Bahkan banyak biro haji dan umroh plus yang memasukkan Turki dalam paket mereka, walhasil Turki tetap jadi pilihan favorit masyarakat kita juga. Iya di Turki nggak cuma Istanbul yang pesonanya luar biasa, banyak destinasi menarik lain. Justru saya jika diberi kesempatan, pengen backpackeran ke sana, pengen menjangkau desa-desa di Turki. Aamiiin insya Allah.

      Delete
    3. Mas Lutfi Hakim: Saya malah belum baca Mas. sekarang yang saya tunggu adalah novel Habiburrahman Al Shirazy yang judulnya Api Tauhid, itu menceritakan kisah hidup Said An-Nursi, ulama asal Turki, setting-nya juga Turki. Kayaknya bakal mengesankan novelnya.

      Delete
    4. Oh, ya. Mohon doanya. Dalam waktu dekat ini rencananya saya dan teman-teman yang mau pulang ke Indonesia akan memakai pesawat Turkish Airlines. Di samping harganya lebih murah, juga ada paket wisata selama 12 jam di Turki. Tapi itu kalau pihak kuliah mengizinkan pakai maskapai itu :)

      Delete
    5. Wah Mas Lutfi, kalau ke Turki boleh nggak aku minta tolong banget? Tulisin namaku di kertas, terus difoto di depan Hagia Sophia dan Blue Mosque? Hihi

      Delete
    6. Syukron katsiron Mas Lutfi :)

      Delete
  2. aku tau turki awalanya dari sepak bola dulu banget jaman masih kecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, club Turki yang namanya Galatasaray emang udah terkenal juga. Thanks Mas Lidya ;)

      Delete
  3. april 2014 kemaren..kami 3 keluarga ke Turkey, tepatnya ke istanbul..duh emang ok banget deh tuh kota...insha allah aku akan upload photo2 di turkey nanti yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.... alhamdulillah Mbak bisa menjejakkan kaki di sana. Sejarahnya itu lho yang bikin pesona Istanbul naik berkali-kali lipat. I am waiting for the photos Mbak. Thanks :)

      Delete
  4. waktu seminggu di Turki, aku juga menikmati nonton tv turki yang khusus nyiarin lagu lagu, semacam kayak mtv gitu. aku pikir lagu nya keren keren kok..
    apalagi penyanyinya yang semuanya cantik dan tampan. gak ad yang jelek!
    ehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ahamdulillah Mbak Elsa udah menginjakkan kaki di sana. Dalam rangka apa bih Mbak? sekadar liburankah? Iya ya, mungkin karena hidung mereka mancung2. Hehe

      Delete
  5. Aku donlot yaa dek :D suka dengerin musiknya...

    ReplyDelete
  6. Wawaww... Mbak Shofia Makin ngefans beratt aja nih am Turki.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Of course my shobb..... so much much much....

      Delete
  7. Ada suara mendesahnya mbak? hehe.. Mbak serius suka Turki ya, sampai ke musik dan lagu juga suka..plus orang-orangnya ya. Makanannya gimana, suka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya Mbak Arifah... kalau makanan belum pernah nyobain, tapi kalau baca-baca resepnya sering, so far dari bahan-bahannya seperti yoghurt, parteseli, kaldu, kecuali terong, lidah saya bisa terima. Makanan Turki kebanyakan manis gitu mbak...

      Delete
  8. Aku bisa satu lagu Turki doang, national anthemnya, Istiklal Marsi ^_^

    ReplyDelete
  9. Ya Tuhan maha Asik. aku jg suka Lagu,puisi,drama Turki. juga suka sama kamu pula.

    ReplyDelete
  10. hmmm.. saya belum pernah mendengar lagu turki. cuman seneng kalo lihat film semacam sehrazat aja.

    ReplyDelete
  11. İzmir marşını da dinle seveceksin

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...