Sunday 24 February 2013

Beyond The Inspiration-Felix Y. Siauw


" Abdullah bin Amru bin Al-Ash berkata, "ketika kami duduk di sekeliling Rasulullah saw untuk menulis, tiba-tiba beliau saw ditanya tentang kota manakah yang akan ditaklukan terlebih dahulu, Konstatinopel atau Roma? Rasulullah saw menjawab," Kota Heraklius ditaklukkan terlebih dahulu" (HR. Ahmad).

Apa kabar sahabat semua? Semoga masih berada dalam keistiqomahan kepada-Nya. Amien

Baiklah sahabat, untuk kali ini saya kembali lagi dengan sebuah review buku. Dengan begitu saya berharap akan menampah pundi-pundi amalan saya kepada Allah swt. Amien

Sudah ada yang pernah mebaca buku Beyond The Inspiration karya Ustadz Felix Y.Siauw? bagi yang sudah, semoga bisa mengambil manfaat dan pesan yang luar biasa dari buku ini. Bagi sahabat yang belum sempat membacanya, semoga ulasan singkat saya bisa membantu dan mendorong sahabat untuk segera memilikinya. Saya sendiri mendapatkan buku spesial ini dari hadiah memenangi perlombaan cerpen islami yang diadakan oleh Badan Kerohanian Islam Mahasiswa IPB, selain buku ini saya juga mendapatkan beberapa buku luar biasa lainya. Alhamdulillah...

Mungkin nama Ustadz Felix sudah tidak asing lagi terdengar, jam terbangnya yang seabrek mulai dari undangan lokal hingga dunia internasional. Saya semakin mengagumi beliau, saat Usatdz Fatih Karim -yang saat itu sebagai pembicara disebuah seminar yang saya ikuti-menceritakan bagaimana perjuangan Ustadz Felix menemukan kebenaran Islam. 
Okay sahabat, kita langsung saja membahas buku prestisius ini. Hmm... untuk buku yang ada digenggaman saya adalah cetakan ke-7, cukup membanggakan ya? Penasaran kan apa sebenarnya yang diulas disana?

Al Fatih menyemangati pasukan lautnya
Yaps, buku ini membahas tentang banyak hal. Motivasi, nasehat, hingga renungan langkap ada di dalamnya. Secara keseluruhan, buku ini ingin mengingatkan kepada semua pembacanya, bahwa Islam itu adalah agama besar, pernah menguasai sepertiga dunia, pernah dihormati,pernah memiliki peradaban terbesar dan terhebat serta memberi kontrubusi yang tak terhitung nilainya di berbagai bidang. Namun pada saat ini, kebanyakan manusia tidak lagi mengingat Islam sebagai inspirasi yang membuat ummatnya berdiri tegak di hadapan ummat lain, namun sebaliknya Islam lebih terkenal dengan ummat yang pesakitan, lemah dan mudah di kacau balaukan. Kaum muslimin sendiri seolah telah kehilangan jati dirinya, pesimis dan mudah diperdaya.

Mengapa demikian? Karena ummat Islam saat ini tidak mengikuti jalan yang telah di buka lebar oleh para Muslimin terdahulu. Ada hal-hal yang ada pada ummat terdahulu namun tidak dimiliki oleh ummat masa kini. Nah, sebagai contoh Ustadz felix mengambil sejarah penaklukan Konstatinopel oleh sang Panglima Muhammad Al-Fatih. Siapa yang tidak pernah mendengar nama yang telah menuliskan sejarah begitu mengagumkan bahkan membuat seluruh dunia menggelengkan kepala, takjub. Ya, sang panglima dengan kayakinan total menyatakan mampu menaklukkan Konstatinopel. 

Tahukah sahabat apa yang menyebabkan Muhammad Al-Fatih sebegitu optimis? Karena ia memiliki iman yang sempurna kepada Rasulullah, ia mempercayai Rasulullah secara total. Saat Nabi saw mengatakan bahwa Kota Heraklius (Konstatinopel) akan ditaklukkan terlebih dahulu, Al-Fatih mengunci ucapan itu di dalam hatinya, menjadikanya kekuatan yang luar biasa. Benar sahabat, sang panglima dan orang-orang terdahulu menjadikan bisyarah Rasulullah sebagai jaminan yang dipercayai tanpa ragu sedikit pun. 

Dan akhirnya, sejarah membuktikan bahwa Al-Fatih mampu melakukanya, bagaimana perjuangan ia dan pasukanya memindahkan  72 kapal perang dari Selat Bosphorus menuju Teluk tanduk melalui perbukitan Galata sejauh 1,5 km dalam waktu satu malam, ia menjadikan gunung-gunung seperti ombak yang membawa kapal-kapal berlayar, tak ada yang sanggup berfikir sajauh itu, musuh pun tak ada yang mampu menyangka. Namun sang Panglima yakin dengan tujuanya, ia yakin dengan ucapan Rasulnya. 

Rute pemindahan kapal melewati perbukitan Gilata
Nah, itulah yang dimiliki muslim terdahulu. Mereka sangat mempercayai apa yang tertulis dalam Al-qur’an dan apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah. Dan, inilah yang tidak dimiliki oleh muslim masa kini. Muslim masa kini kehilangan inspirasi, bahkan mempertanyakan apa yang telah jelas di dalam Al-qur’an dan Hadist.

Bagaimana sahabat? Buku yang sungguh luar biasa bukan? Buku yang menjadi pengingat kepada seluruh muslim bahwa kita ummat besar dan memiliki inspirasi yang besar. Yang mana dengan inspirasi itu, kita bisa menjadi satu-satunya ummat paling berperadaban di Dunia. Semoga sahabat berkesempatan membacanya dan meraup manfaat yang bertebaran disetiap lembar dan kata-katanya. Semoga muslim bisa bangkit dan kembali memimpin dunia dengan kedamaian dan keimanan kepada Allah swt. Amien...

1 comment:

  1. Semoga hamba yg dhoif ini bisa berkesempatan memiliki buku Beyond The Inspiration ini ,ingin sekali hamba membacanya secara detail

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...