Friday 23 January 2015

Mereka Bilang Aku Tinggal di Turki?


Sejak aku memposting sekian tulisan tentang keinginanku untuk berkunjung ke Turki, entah mengapa banyak pula email yang masuk dan komentar-komentar yang beranggapan salah. Mereka menyangka aku sekarang sedang berkuliah di Turki, sudah menikah dengan pria Turki, atau ada juga yang bilang aku sedang kerja di Turki. Beberapa bulan lalu, inbox emailku kedatangan dua buah email curhatan yang panjangnya udah kayak jalan lintas Sumatra. Suka sih bacanya, tapi sedih juga karena secara tidak langsung mereka menyakitiku. Secara, aku aja pengen ke sana.


Beberapa hari lalu, lagi-lagi kedatangan email yang isinya meminta aku untuk jadi tour giude keluarganya selama jalan-jalan di Turki tidak lama lagi. Dia menyangka aku mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di sana (pengennya juga gitu). Akibatnya harus menjelaskan lagi bahwa aku cuma suka sama negara itu, bukan tinggal di sana.



“Lho, bukannya di blog mbak bilang begitu, ya? Saya kira mbak Sofia sedang kuliah di Turki. Apa saya yang bacanya kecepatan?” balasnya.

Aku cuma bisa meringis. Perasan di semua postinganku yang berbau Turki, gak pernah deh aku bilang sedang tinggal di Turki, kuliah di sana, atau menikah dengan orang sana. Ini menyimpulkan dari mananya?

Dan tadi, lagi-lagi sebuah komentar di salah satu postingan masuk ke emailku, intinya seorang wanita ini pengen cerita secara personal (aku terka sih tentang hubungannya dengan pria Turki), jadi dia minta alamat email gitu. Aduh, emang dia gak baca kalau postingan itu jelas-jelas kuberi judul COPY-PASTE, ditambah keterangan kalau itu benar-benar dicomot 100% dari wordpress-nya seseorang, kukasih link blognya malah. Di paragraf pertama lho! Memangnya gak dibaca? Sepertinya postingan yang satu itu memang harus dihapus, lagian aku postingnya jadoel, udah lupa kapan tepatnya.

Setelah mengalami kejadian-kejadian aneh inilah, aku sadar betapa repotnya Mbak Sri Zehra pemilik grup belajar bahasa Turki gratis. Kurasa inbox facebooknya beliau lebih penuh dengan curhatan ketimbang yang serius menanyakan pelajaran. Sama nasibnya kayak Mbak Rahma, perempuan satu anak yang sekarang tinggal di Istanbul, sekaligus punya segudang cerita kehidupannya di wordpress, juga kebanjiran pertanyaan dan curhatan seputar asmara. 

Yang bikin pusing, kebanyakan para curhaters itu (rata-rata para wanita) gak baca keterangan atau tulisan dengan detail. Contohnya, Mbak Rahma udah pernah posting tentang sifat pria Turki yang kebanyakan pencemburu, ini dan itu, termasuk si mertua yang umumnya suka mencampuri kehidupan keluarga anaknya. Ini udah panjang lebar dijelaskan, eh di komentar bermunculan lagi pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya udah ada jawabannya. Kan, lagi-lagi mbak Rahma harus menjelaskan. Pantas kalau mereka sampai kualahan.

Jadi, saranku untuk siapa pun yang mau curhat asmara ke siapa pun itu, sebaiknya dibaca dulu dengan seksama meski dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Kita bertanya aja udah ngerepotin orang lho, so kalau bisa jangan bikin narasumber jadi makin kerepotan. Aku sih gak ngalamin seutuhnya kayak Teh Sri dan Mbak Rahma, tapi banyaknya email salah sangka yang datang beberapa bulan terakhir, sedikit sebanyaknya buat aku jadi ngerti bagaimana rasanya. Semoga habis ini gak ada lagi email yang salah sangka masuk ke inbox-ku. Sama-sama berdoa ya, moga bisa jalan-jalan ke Turki suatu saat nanti.

47 comments:

  1. berarti si dia asal baca atau kadang baca judulnya saja...jadi ngebacanya gak dari atas sampai bawah tanpa mereka hayati isinya...makanya kadang typo hahaha

    ReplyDelete
  2. Hahahaha... eh mau dong cariin cowok Turki! =))

    ReplyDelete
  3. Jihahaha kalau aku malah pernah di telfon gara-gara dikira juragan kain padahal jelas-jelas aku nulis tentang pusat kain di solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, lebih parah ya Mbak Fen. Kadang juga suka aneh sama orang2 yang kayak gitu.

      Delete
  4. bacanya gimana ya orang2 itu???hahahah
    eh baru tau orang turki cemburuan hehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak berdasarkan cerita para wanita Indonesia yang menikah dengan laki-laki sana.

      Delete
  5. Hehehe, ^^
    jd rempong jg yaa fy :')
    tapi, kalo aku mgkn nerima email gtu, lgsg loncat** guling** say :')
    kesenangan dibilang org Turki :D
    smoga aja inbox mereka sbg Doa biar Sofi beneran jd Warga Turki dikemudian hari bersama Jdohnya kelak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kenapa kok malah loncat-loncat say?
      Aamiiin... haha

      Delete
    2. ketawa happy aja sof, dibilang jd org Turki *ehehe

      Delete
  6. haha mungkin dia bacanya terlalu cepat kali jadi mba sofia di bilang orang turki :)

    ReplyDelete
  7. calm down sofiii hihi memang susah kalau bacanya ga teliti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciah, ada artis mampir di blogku. Iya Mbak Put... harus calm down :))

      Delete
  8. Ooo gitcu ... cowoq Turki suka cemburu ya, cemburu buta gak..? trus, si-mertua (pake indah gak..?) suka ikut campur urusan dapur sianak+mantu juga..? Asikk juga donk ... :P

    ReplyDelete
  9. qiqiqii.... sabar ya, semoga nanti beneran bisa mampir, tinggal dan jadi tour guide di Turki :)

    ReplyDelete
  10. Yang jelas bukan saya yang kirim email itu, he-he.

    ReplyDelete
  11. aku bantu doa aja deh supaya kakak bisa tinggal di Turki beneran, ya? ^_^

    ReplyDelete
  12. Lah, gitu. hhehe. mereka baca Turki2nya saja paling, mbak. hhehe. iyah, gak kebayang mbak Sri Zehra menerima email-email seperti itu, mbak. pasti buanyaaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pasti kualahan juga Teh Zehra. Kenal sama Teh Sri juga tha?

      Delete
  13. Hehehe kecepetan baca dan ekspekatasi terlalu tinggi, sambil dianggap sebagai doa agar insha allah samapi ke Turki ya mbak sofi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin insyaAllah.. makasih Mbak Ru.. :)))

      Delete
  14. speed reading emang bikin salah sangkah..dan kalau boleh jujur,dulu saya juga mengira begitu,karena tulisan mbak sofia banyak yang menuliskan tentang turki hehe
    btw ,domain baru ya mbak.. Kunjungan perdana di domain baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ternyata banyak juga yang salah sangka. Iya domain baru alhamdulillahh... thanks yaa :))

      Delete
  15. Hahahah iya saya termasuk "korban" nya juga ya
    Begitu banyak artikel tentang TURKI saya kira mba juga ada di sana, kuliah dan atau sedang bekerja di Turki
    Hmmmmmmm hiehehie makasih sudah beri Klarifikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Mas Asep juga korban? Astaghfirullah, maafkan saya teman-teman :D
      Maaf ya Mas Asep...

      Delete
  16. Gak hanya pengalamannya mbak aja kok, pengalaman online shop jg kayak gitu. Di gambar udah dikasih keterangan materal, harga, ukuran, dan CP bagi yg pengen serius order... eh masih ada yg komen dan nanya yang jelas-jelas udah ada keterangannya di gambar. Budaya membaca kayaknya udah males ya di Indonesia ini -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh aku sering lihat di online shob, baik instagram atau fb sama aja. Sampe selalu dikasih tulisan "Baca keterangannya baik-baik ya sis." :D

      Delete
  17. kak sofiii,, jadiin doa aja,,hehehe,, semoga segera nyampe kesana,,, tiba-tba aja ada orang yang melek web kakak,,, trus tertarik,, dan ngajak kakak jalan-jalan kesanaaa,,,, ngayal sih,,, semoga aja ya,,,hehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... aamiiin dek. Thanks ya udah mampir...

      Delete
  18. Mba Rahma yg keluarga panda itu ya? Saya juga suka.baca blognya...

    ReplyDelete
  19. Semoga salah sangka pembaca jadi doa buat Sofia sehingga suatu saat bisa ke Turki, aamin.

    ReplyDelete
  20. di aamiin dulu deh, itu tanda-tanda mau ke sana sofi aamiin

    ReplyDelete
  21. Ikutan dong kalo mau ke Turki, oya kunjungan perdana neh makasih udah berbagi kisah

    Salam kenal dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal. Terimakasih sudah berkunjung :))

      Delete
  22. Menarik sekali... mbak sofia mudah2an kita biaa berkunjung kesana....

    ReplyDelete
  23. hahha kesalahpahaman yang lucu, Indonesia kan emang lagi demam turki gara-gara abad kejayaan mbak :D


    The-History-of-rarachan.blogspot.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...