Friday 10 January 2014

Jurus Mengikuti Lomba Blog [Berdasarkan Pengalaman Pribadi Aja]



sumber: klik di sini

Bukankah ada banyak jalan menuju Roma?

Kalimat di atas begitu sering kita temui, terkadang melintas begitu saja di pendengaran dan tak jarang pula kita membacanya di sebuah tulisan atau kumpulan kata-kata bijak. Ada yang membenarkannya, ada juga yang tidak. Banyak yang mempercayainya, banyak juga yang tidak. Dan aku termasuk salah satu orang yang membenarkan sekaligus mempercayai kalimat tersebut. 

Di saat satu jalan tertutup bagimu, maka kamu harus menempuh jalan lain untuk meraih apa yang kamu mimpikan.

Setidaknya begitulah uraian yang bisa kubuat dari kalimat pembuka di atas. Ya, aku memang tidak bisa mendapatkan keuntungan seperti uang hadiah memenangi karya ilmiah nasional atau mewakili Indonesia untuk menjadi delegasi pertukaran pelajar antar bangsa. Simpelnya aku tidak bisa memanfaatkan study-ku saat ini untuk bisa eksis. Atau bahasa kasarnya aku sangat jauh dari predikat mahasiswa berprestasi. Meskipun dalam hati kecilku, niat untuk mengejar beasiswa study di negara orang itu terkadang menggebu-gebu. Hanya saja, entah mengapa, sejak penolakan-penolakan dalam hatiku terhadap jurusanku sekarang, niat itu seperti harus kupendam dulu. Justru cita-citaku saat ini, tahun depan PKL di peternakan puyuh—Slamet Quail Farm, ambil ilmu sebanyak-banyaknya dari peternak puyuh nomor wahid di Indonesia—Pak Slamet, kumpulkan link sebanyak-sebanyaknya, dan aku akan membuka usaha sendiri sekaligus mengabdi di Kepri. Aku berpikir, mungkin aku bisa mendapatkan beasiswa lagi jika aku benar-benar sungguh-sungguh, namun aku selalu takut tidak memiliki kesempatan untuk membahagiakan orang tuaku. Dengan membuka usaha, aku juga bisa kuliah, toh? Ya, walaupun tidak di universitas bergengsi di pulau Jawa ini.

Ya, sekarang aku tetap fokus juga untuk segera menyelesaikan perkuliahanku yang insya Allah tinggal 1,6 tahun ini. Setelah itu fokus membangun usaha—tentu saja aku tahu membuka usaha itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tidak sesimpel yang aku tuliskan, menyekolahkan adikku sampai perguruan tinggi, menghajikan Bapak-Mamak, baru setelah itu memikirkan pernikahan.

Untuk sekarang, karena kuliah tidak pernah memberikan harapan untuk keseharianku, aku tetap memiliki ‘jalan lain’ itu. Aku suka menulis, meskipun hanya amatiran. Aku memanfaatkan hobiku ini dengan menulis ke media massa dan blog. Saat ini aku hanya ingin bercerita soal pengalamanku menulis di blog—di media massa-nya kapan-kapan aja, ya. Aku membuat blog sekitar tahun 2011 lalu dengan meminjam laptop teman di Pesantren. Pesantrenku memiliki akses wifi gratis 24 jam, jadi para santri bisa online kapanpun di kamar masing-masing. Di kelas XII, hampir semua teman-temanku memiliki laptop, dan tentu saja aku belum. Aku tidak pernah punya keberanian meminta pada orangtuaku. Jadinya blog-ku jarang update
 
Sumber: klik di sini
Selanjutnya saat duduk di semester 2 bangku perkuliahan, aku mendapatkan sedikit rezeki hingga bisa membeli ponsel android—belum yang jelly-bean dan ice-cream sandwich tentunya. Dari android ini aku bisa sedikit aktif mengisi blog-ku meskipun urusan margin, font, dan tata letak foto baru bisa kurapikan saat di warnet. Aku bisa menulis hingga 10 halaman A4 di ponselku. Laptop? Aku belum punya. Laporan, makalah, minitab, semuanya pinjam laptop teman dan jasa warnet. Baru setelah duduk di tahun ke-2, aku bisa membeli laptop, alhamdulilah dengan uangku sendiri.

Ya, pertama kali aku mengikuti lomba blog adalah lomba yang diadakan Wardah Cosmetisc, Blog Detik, dan MUI [kalau nggak salah, bulan September 2013 lalu]. Hadiahnya lumayan. Karena temanya menarik, aku coba-coba untuk ikut. Tentu saja aku menulisnya di ponsel lalu dioptimasi saat di warnet. Banyak sekali yang mengikuti lomba ini. Mulai dari model hingga ibu-ibu rumah tangga. Dan siapa sangka, aku mendapat peringkat III. Sesuatu yang aku rasa tidak mungkin.

Hadiahnya lumayan. Aku bisa mengirim sedikit untuk nenekku di kampung, untuk traktir 20 orang temanku, dan membeli laptopku sekarang. Alhamdulillah...

Hasil lomba pertama


Karena kemenangan ini, aku jadi memiliki kepercayaan diri untuk mengikuti lomba blog lagi. Dan proyek selanjutnya adalah lomba blog dari Prioritas Land. Aku juga tertarik tentang tema ‘investasi’ yang mereka berikan, sekalian belajar maksudku. Beberapa minggu kemudian, seorang teman di komunitas emak-emak blogger men-tag namaku, memberi tahu bahwa aku sebagai pemenang I, sekaligus mengucapkan selamat. Aku segera meluncur ke halaman resmi Prioritas Land, dan alhamdulillah benar namaku ada di sana. Hadiahnya cukup lumayan juga, bisa untuk membayar kontrakanku tahun depan plus ongkos pulang kampung liburan lebaran besok. Insya Allah

Nah, proyekku selanjutnya adalah lomba blog yang diadakan oleh Cheria Tour & Travel [Biro perjalanan haji, umrah dan wisata muslim]. Hadiahnya sangat menggiurkan: tour Malaysia-Singapore dan uang saku 1,5 juta. Aku tidak seketika percaya, bagiku cek sana-sini sebelum mengikuti lomba adalah hal yang penting dilakukan. Aku obrak-abrik web resmi penyelenggara, blog pribadi owner-nya, semua video-video yang berkaitan dengan Cheria, semua tulisan-tulisan oleh Cheria Groups, facebook owner-nya, fanpage, dan masih banyak lagi. Lomba ini sempat menjadi kontroversi di komunitasku. Mereka sedikit tidak berpihak karena menemukan dua surat pembaca yang menyatakan ketidak puasan terhadap jasa pelayanan. Tapi aku tidak mau juga asal telan kalimat orang, aku lebih mempercayai penilaianku sendiri. Bukankah hal seperti itu wajar? Ada satu-dua orang yang tidak puas dengan jasa yang didapatkan? Lalu ada juga kemungkinan bahwa orang tersebut berniat ingin menjatuhkan Cheria Travel dan alasan-alasan lain. Aku bahkan sempat menanyakan hal ini pada owner-nya [Bapak Cheria] dan ternyata jawabannya sangat memuaskan. Selain itu, aku juga sudah membaca semua berita di halaman facebook Bapak Cheria, walhasil aku kemudian bisa menyimpulkan, Pak Cheria adalah figur yang patut diteladani. Baik itu karyanya, sumbangsihnya, kedermawanannya, dan lain-lain yang tidak perlu kusebutkan semua.

Pengumuman pemenang dari Cheria Travel


Setelah kurang lebih satu bulan, kemarin sore pemenang lomba itu telah diumumkan, dan alhamdulillah aku terpilih sebagai pemenang I. Sekarang lagi sibuk menunggu kiriman KTP dan fotokopi KK dari kampung halaman untuk proses pembuatan paspor. 

Nah, meskipun karyaku di dunia nge-blog belum setumpuk, setidaknya aku sudah mulai berani nih buat share tips-tips buat teman-teman yang pengen ikutan lomba blog. Check it out, yah!


  • Hindari lomba SEO. Nah, ini berdasarkan blog masing-masing, lho. Karena lomba SEO lebih memprioritaskan penilaian pada google rank blog kita, sedangkan kualitas tulisan maksimal hanya mempengaruhi 30-40% saja. Bagi teman-teman yang blog-nya sudah memiliki posisi baik di google, boleh-boleh saja mengikuti lomba ber-genre SEO ini. Tapi kalau aku, lebih memilih tidak.
  • Kecocokan dengan tema. Ya, bagiku tema itu berpengaruh terhadap keseriusan menulis. Aku sih, kalau temanya cocok, paling lama 2 jam satu tulisan selesai. Makanya nggak semua lomba blog aku ikutin. Pilih yang benar-benar kita minati lalu maksimalkan di sana. Insya Allah seperti ini lebih baik, ketimbang semua diikuti tapi content-nya abal-abal.
  • Baca tulisan pemenang sebelumnya. Ini juga penting, lho. Biasanya setiap penyelenggara lomba blog itu rutin ngadain setiap tahun, jadi kita bisa baca tulisan pemenang di tahun sebelumnya. Untuk lomba blog Prioritas Land dan Cheria Travel memang baru diadakan di tahun 2013-2014, jadi belum ada tulisan yang dijadikan teladan. Kalau begitu, lanjut ke jurus berikutnya.
  • Komplit. Ini dia salah satu jurus yang harus dikuasai. Tulisan kita harus benar-benar komplit. Semakin komplit informasi yang kita tulis, maka akan semakin bagus. Bagus dalam penilaian, bagus juga posisi kita di google. Kan keyword-nya juga semakin banyak toh?
  • Kreatif. Ya, yang ini hukumnya wajib. Kita harus merangkai tulisan yang kreatif supaya pembacanya nggak bosan dan penyajiannya berkesan. Bisa juga menggunakan animasi atau kekreativan tulisan. Tulisan yang kreatif bukan berarti tulisan alai loh, ya. Tapi bagaimana kita bisa membuat tulisan itu enak dibaca, mengalir, dan membuat betah si pembaca.
  • Update. Selagi ada kesempatan buat optimasi tulisan, maka jangan disia-siakan. Inilah alasan kenapa sebaiknya kita posting tulisan jauh-jauh hari sebelum deadline. Biar punya banyak waktu buat optimasi. Ikuti terus informasi terbaru tentang hal yang kita tulis, lalu tambahkan di tulisan kita. Sebagai pengalaman, selama mengikuti lomba menulis dari Cheria Travel, aku mengikuti informasi di facebook-nya Bapak Cheria. Banyak sekali informasi terbaru yang belum di-post di web resmi mereka bisa kudapatkan, seperti kuota visa haji yang diberikan untuk Cheria Travel dan foto-foto tur terbaru Cheria Travel ke Korea.
  • Jurus terakhir adalah berdoa dan yakin. Jangan cuma gede usaha aja tapi melupakan bahwa segala ketentuan dan rezeki itu adalah dari-Nya. Lomba itu seharusnya semakin mendekatkan kita pada-Nya, bukan malah sibuk sendiri sampai waktu shalat aja keteteran. Insya Allah dengan begitu, hasilnya di-ridhoi dan lebih berkah. Eh, tapi ada juga loh, tipe orang yang selama mengikuti lomba, shalat dan doanya luar biasa, Alquran dikhatamin dalam waktu 3 hari, tahajud sampai lima jam, dhuha sampai zuhur, tapi setelah menang, shalat aja di akhir waktu. Nggak bener kebiasaan yang kayak begini, itu namanya memanfaatkan Tuhan. Nggak sopan banget, kan?

 
the winner (sumber: klik di sini)
Okay, segini dulu ya jurus memenangkan lomba blog dariku. Nanti kalau aku punya jurus baru, insya Allah ditambah lagi. Selamat menulis kreatif, ya...semoga menang dan Allah meridhoi. Aamiiin...




BlogPingSite http://www.blogpingtool.com

16 comments:

  1. bagus-bagus tulisannya, wajarlah sering jadi juara,,
    kalo saya sering ikut kontes seo-nya mbk,, salam kenal ya
    selamat ya, jangan lupa mampir di Catatan Riady

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih :)) iya siapa aja boleh ikutan SEO, tapi kalau blognya belum bagus posisinya kan percuma aja gitu. salam kenal kembali... meluncur... :))

      Delete
  2. keren ! memotivasi ikut lomba jga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih...alhamdulillah kalau bisa memotivasi :)

      Delete
  3. salam kenal ya mbak, saya senang sekali membaca tulisan mbak ini karena berdasarkan pengalaman tentunya,. untuk kontes SEO ternyata PR ya yang menentukan hasil SERP artikel Kontes seo yang kita ikuti. pantesan mbak, artikel kontes SEO Shehoster sy Jauh sekali SERPnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung. Alhamdulillah kalau suka :)
      Soal lomba SEO dan segala atribut kayak hasil SERP dsb, saya kurang tahu juga. Belum belajar. :)

      Delete
    2. saya rasa mbak gx perlu belajar lagi tentang SEO, karena sudah terbukti beberapa kali memenangkan lomba seo dengan hadiah besar mbak. inilah dia master blog...:)

      Delete
    3. Wahhhhh.....pujiannya bisa bikin aku terbang nih..
      nggak kok, semua lomba yg kuikutin bukan ber-genre SEO.
      Yang diutamain kualitas tulisan :)
      makasih kunjungannya :)

      Delete
  4. Terima kasih tipsnya, Mbak... Aku kan baru di dunia perkontesan blog ini ^^, masih suka entah apa maunya juri... hehe... Saya juga sama kayak Mbak, gak terlalu tertarik dengan lomba SEO, soalnya saya memang belum belajar tentang itu. Prioritas ngeblog sebenarnya ingin ditekankan di belajar menulis dengan baik & membiasakannya. Jadi memang buat saya sih lebih suka kalau lombanya mementingkan kualitas tulisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, saya awalnya juga begitu, cuma niat buat belajar nulis. Tapi kalau bisa menghasilkan, kenapa nggak. Kan gitu. Hehehe
      Yuk, semangat ngeblog Mbak ;)

      Delete
  5. Wah, keren deh udah beberapa kali meraih juara ;) hadiahnya lumayan yaaa.. Saya sih belum pernah bener-bener tertarik ikut lomba :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa Mbak. Lagipula blognya Mbak itu inspiratif, update lagi. Makasih ya Mbak ;)

      Delete
  6. Jauh-jauh Aku kenal Kamu belum tau sabab musabab nya Sofy sampe bisa Dapat Aneka Hadiah dan Tour ke LN. baru tau hari ini. :D hehe.
    belum sempat tanya waktu itu, sempat Lost contact jg yah kemaren.. Alhamd, Aku punya teman yg Super HEBAT. Aku selalu semangat Baca Tulisan kamu Sobb. :)
    semangatt terus yahh, kamu pasti bisa meraih ap yg di cita-citakan. :)
    Good writing. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah Shob... makasih ya udah mampir :)) tulisan yang kadang aku juga gak percaya udah pernah menuliskannya. Hehe
      Kamu juga temenku yg super hebat. Eh, aku gak sehebat yg kamu lihat Shob. Malah sering banget aku ngerasa gak ada apa-apanya kalau dibanding yg lain. Aamiin. Jazakillah khairan my best.... :)))

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...