Friday 29 May 2015

Bahas Sinetron Zahra, Yuk!




Kadang aku nggak ngerti kenapa kalau suka sama sesuatu, jatuhnya jadi obsesi. Semuanya begitu, termasuk sinetron. Kalau aku udah suka, biasanya aku bakal cari-cari sampai akarnya. Baik itu google, blog, web, twiter, facebook, instagram, semuanya kujelajah. Mungkin inilah salah satu sifat jelekku yang keponya nggak ketulungan. Syukur aku cuma kepo sama sinetron atau hal-hal tertentu, nggak pernah kepo sama urusan orang lain. 

Nah, sekarang aku lagi suka banget sama sinetron Turki berjudul Zahra yang tayang setiap pukul 14.30 di SCTV. Sinetron ini masih baru, di Turki sendiri baru nyampe episode 81. Awal nonton kayaknya kurang sreg, karena kesannya semua pemain kok kejam-kejam. Tapi makin ke sini, ceritanya so so so touching. Apalagi mereka punya soundtrack mendayu-dayu, makin suka aja.

Zahra yang punya judul asli KUCUK GELIN (Pengantin Kecil) ini berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Zahra (Cagla Simsek) yang masih berumur 14 tahun dan dipaksa menikah oleh ayah tirinya. Kirain pernikahan ini nggak jadi, ternyata aku salah. Dia benar-benar menikah dengan Ali (Gokhan Sahin), seorang pemuda lumpuh anaknya orang kaya di desa tersebut. Kalau nonton dari awal, pernikahan ini nggak terjadi begitu saja. Ceritanya cukup kompleks. Intinya, meskipun gurunya Zahra bernama Melek (yang tak lain adalah ibu kandungnya) berusaha membatalkan pernikahan tersebut, pernikahan itu tetap lanjut. Adat di desa itu yang selalu menikahkan anak di bawah umur sudah mengakar kuat. Nggak ada yang bisa menghalangi. 

Sedih banget, padahal Zahra itu punya cita-cita tinggi. Dia pengen sekolah tinggi dan nantinya jadi guru. Sayang, semuanya tinggal impian. Boleh spoiller ya, nantinya Zahra ini hamil. Saat itulah semua mimpinya musnah. Makin ke depan, ceritanya makin dramatis. Ali yang semula cuma duduk di kursi roda, nanti sembuh dan bisa jalan. Suka main pukul, suka judi, minum obat-obatan terlarang, acuh nggak acuh. Yang mana mereka punya anak. Pokoknya kejam banget.



Pasangan Ali dan Zahra

Ya meskipun Ali bukan pemeran utama, tapi entah kenapa banyak banget yang ngefan sama nih orang. Mungkin karena tampangnya yang memang cakep. Dalam sinetron dia ini berperan sebagai suami yang nggak bertanggung jawab. Mungkin wajar sih, wong umurnya masih seumur jagung. Dia dipaksa menikah sama keluarganya. Padahal waktu itu dia suka sama gadis lain bernama Suna. Kejamnya lagi, Suna malah ditembak mati sama kakaknya sendiri. Sejak itulah kelakuan Ali semakin menjadi-jadi. Kasihan Zahra, bocah kecil gitu harus tersiksa setiap hari ngadepin si Ali.
Banyak yang tanya, bagaimana Zahra bisa hamil? Bukannya baik Zahra maupun Ali, keduanya saling benci. Bahkan saat dipaksa tidur dalam satu kamar, Ali malah nyuruh Zahra tidur di lantai, sedangkan dia di kasur empuk. Penasaran?

Jawabannya ada di episode 40 (episode akhir Kucuk Gelin season 1). Ceritanya waktu itu Zahra ninggalin Ali di tebing gitu, padahal waktu itu kakinya Ali masih belum sembuh benar. Jadilah ibunya Ali marah besar. Zahra dipukulin sampai berdarah-darah, sampe jatuh ke lantai. Di saat yang sama Ali datang. Dia yang menghalangi ibunya. Marah ke ibunya yang mukulin Zahra berlebihan. Zahra dibawa ke kamarnya buat diobatin. Terus disuruh istirahat, dan Alinya keluar (aku masih gagal ngerti kenapa di episode ini Ali bisa baik).


Di luar dia dimarah-marahin sama nenek, ibu, dan entah siapa lagi. Pokoknya sampe dia greget banget. Mungkin aku kalau dipojokin dan semua orang marah-marah gitu, pasti frustasi juga. Gara-gara itulah dia minum pil-pil terlarang. Mungkin kayak narkoba gitu. Yang jelas pil-pil itu bikin dia tenang, hanya otaknya nggak berjalan normal. Di saat inilah dia masuk ke kamar di mana Zahra lagi istirahat. Intinya Ali waktu itu lagi di bawah pengaruh obat-obatan.

Sekarang episode di Turki, mereka udah punya anak laki-laki yang lucu banget. Namanya Jamal. Suka sedih kalau lihat bocah sekecil Zahra udah gendong-gendong anak. Mending pula kalau suaminya perhatian, lha ini si Ali semakin parah kelakuannya. 


Apa yang Membuat Menarik?

Ini bukan sinetron roman. Jangan harap sepanjang cerita kita akan disuguhi drama kehidupan Ali-Zahra. Seperti yang kubilang, Ali bukan pemeran utama. Bahkan di cover-nya nggak ada tuh sosoknya Ali. Yang ditekankan dalam sinetron ini adalah perjuangan Zahra buat survive dan perjuangan sang ibu untuk terus melindungi dia. 

Sinetron ini juga menunjukkan, ‘begini lho kehidupan anak-anak yang menikah di bawah umur, apalagi kalau sampai dipaksa’. Nggak ada bahagianya. Justru penuh dengan masalah. Why? Karena mereka nggak punya pondasi yang kokoh untuk rumah tangga mereka. Tradisi menikahkah anak di bawah umur ini katanya memang masih terjadi di pedesaan yang terpencil di Turki sana. Makanya diangkat jadi sinetron. 

Perbedaannya dengan sinetron Indonesia, sinetron ini punya trik yang pintar. Season 1 mereka cukupkan sampai episode 40, lalu berhenti selama beberapa waktu, baru deh lanjut ke season 2. Ceritanya punya alur maju dan ada yang dituju di ujung sana. Kalau sinetron kita kebanyakan nggak tau mau dibawa ke mana, kan?

Yuk, Nonton Zahra!

Ini bukan promosi. Aku cuma ngajak nonton biar rating Zahra naik, jadi nggak di-stop sama SCTV. Hihi. Memang bisa nonton di youtube, tapi nggak ada subtitle-nya. Nggak paham apa yang mereka omongin. Cuma menerka-nerka. Kalau tayang di TV Indonesia kan bisa tahu apa yang mereka omongin. Mumpung jadwal sidang belum ditentuin, jam-jam siang selalu ada di kosan buat nonton. 

YANG MAU JOIN GRUP ZAHRA DI FACEBOOK SILAKAN KLIK DI SINI

22 comments:

  1. hehe ada sinetron baru lagi ternyata...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya Kak, baru mulai dua minggu lalu :)

      Delete
  2. saya engga tahu ada sinotron zahra mba hmm ketinggalan lagi dong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tayangnya cuma 3 hari doang Mbak Ipah. Makanya banyak yang gak tau. Jam tayangnya juga siang.

      Delete
  3. Aku jarang nonton tipi. Tapi pemerannya cakep2 ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cakep-cakep Mbak. Apalagi pemeran Ali dan Zahranya :))

      Delete
  4. haha ada sinetron akuuuu :D
    eh tau gak sof, dulu aku pengen banget punya suami namanya Ali. Nah pas nemu temen namanya Ali udah seneng banget dan langsung kepikiran buat di prospek haha! Tapi pas udah kenal, aku batalin prospeknya soalnya dia gak terlalu laki huhuhu...

    ih sedih banget ya hidupnya Zahra kecil. pemerannya cantik banget <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha Alinya setengah mateng ya, Jah? Ayooo cari Ali-Ali yang laen. Emang sih Jah, namamu itu cocok banget kalau seandainya punya hubby yang namanya Ali. Kesannya kayak Ali bi Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra gituuu... Iya pemeran Zahranya manis and lugu banget.

      Delete
  5. Ini teman saya nyuruh saya nonton sinetron ini lah saya mah mana sempat ? kalo pas weekdays gitu kerja, weekend main. Di youtybe mbak sofi bilang ga da subtitlenya. Nunggu review mbak sofi aja deh sambil melototin muka ganteng&cantik para pemainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah kapan-kapan di-review-in Mbak Ru... Iya di youtube gak ada subtitlenya. Tapi tetep aja masih ditonton. Suka penasaran soalnya.

      Delete
  6. me too , love it ao much this series 😍, I am the biggest fan of kücük gelin 😍💖
    setau aq suna mati d tembk kknya krna kabur dg ali 😁 , d episode 82 azad biln mninggal 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Suna mati ditembak :'( kasian Ali yaa... Iya di episode 81 Azad ditembak berkali-kali oleh Devran. Siap-siap nunggu episode 82 nih, episode terakhir di season 2.

      Delete
  7. belum sempat nonton film ini, sibuk kerja -___-

    ReplyDelete
  8. kok kita samaa? aku juga sering kepoo

    ReplyDelete
  9. Saya suka tulisannya mba, ngomong-ngomong saya suka ngefans bgt sama ini drama dari awal tayangg sampe skrg, saya ngikutin di youtube walaupun ga ngerti. Dan skrg lagi nunggu2 episode 87, hehe

    ReplyDelete
  10. Whuaaa~ kita sama kakak. Aku tipe org yang so curious & bener, jatuhnya jadi obsesi. Tapi terkadang gak perlu nyampe akar, kalo ada yang bikin gak suka, yaudah stop disitu rasa penasaranku. :D
    Makanya nyampe nemu blog ini :)
    Salam kenal kak, seneng bisa nyampe blog ini. >.<

    ReplyDelete
  11. Penasaran bgt pdhal critanya bagus...
    aku seh ngefans ma Azad.. hehe
    Tpi mlhn di stop pihak SCTV.....
    Ibu meli n azzad di sesion 2 ko ngga ada ya.? Meninggal atw diganti. Nonton di youtube kaga ngerti..

    ReplyDelete
  12. Penasaran bgt pdhal critanya bagus...
    aku seh ngefans ma Azad.. hehe
    Tpi mlhn di stop pihak SCTV.....
    Ibu meli n azzad di sesion 2 ko ngga ada ya.? Meninggal atw diganti. Nonton di youtube kaga ngerti..

    ReplyDelete
  13. Tau nama aslinya suna nggak mbak?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...