Thursday 5 November 2015

Negeri Van Oranje: Film Indonesia Paling Ditunggu Tayang Desember 2015



Film Negeri Van Oranje

Pertama kali kenal Negeri Van Oranje ketika aku ikut lomba Hollad Writing Competition (HWC 2015) yang diadakan NESO Indonesia beberapa bulan silam. Yah walaupun hanya masuk TOP 30, aku udah bersyukur banget, setelah satu sebelumnya sama sekali nggak masuk dalam deretan finalis. Masih ada tahun depan untuk mencoba.Paling nggak aku jadi tahu kalau Indonesia punya sebuah novel laris berjudul Negeri Van Oranje, yang pertama kali terbit tahun 2009. Para penulisnya sendiri merupakan juri HWC 2015. 

Sejak Maret lalu aku memang sudah follow akun twiter Negeri Van Oranje, jadi aku tahu kalau novel ini segera diangkat ke layar lebar. Diingat-ingat sudah beberapa bulan berlalu sejak tahu kabar kalau para pemain mulai proses syuting di Belanda, tapi ternyata film ini baru akan dirilis 23 Desember nanti. Aku sih sangat exited karena film ini mengambil setting Belanda, salah satu negara yang sangat ingin kukunjungi karena budaya bersepedanya. So you know lah kenapa aku jadi cukup update mengenai film ini. Bagi kamu yang sama sekali belum pernah baca novel atau dengar tentang Negeri Van Oranje, follow me then, I’ll show you bellow!


Negeri Van Oranje Bercerita tentang Apa?

Baik di novel atau di filmnya nanti, Negeri Van Oranje sudah pasti berkisah tentang lima orang putra-putri Indonesia yang terdampar di negara bernama Belanda. Mereka adalah Lintang, Banjar, Wicak, Daus, dan Geri. Bukan terdampar karena pesawat mereka terjun bebas di ladang tulip atau kapal mereka nyungsep di pantai Belanda, melainkan mereka sedang menempuh study S2 di negara tersebut. 

Novel Negeri Van Oranje ditulis oleh Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, dan Rizki Pandu Permana. Kempatnya tentu pernah menjajal hidup di Belanda. Malahan banyak hal yang dituliskan dalam novel ini merupakan pengalaman nyata mereka selama di Londo. Pasti seru ya kalau kisah nyata yang dituliskan, jadi lebih real!

Keren banget mereka bisa kuliah S2 di negara secantik Belanda, tempat tulip-tulip bermekaran di bawah deretan kincir angin, belum lagi kanal-kanalnya yang super classic. Sebuah pertemuan yang akhirnya menyatukan 5 orang tadi dalam sebuah ikatan persahabatan. Asyik aja gitu lihat satu cewek punya sahabat empat cowok. Tentu bakal ada lika-likunya. Bahkan dengar-dengar Lintang (si cewek satu-satunya) akan jadi objek rebutan. Tapi sayang, sejak dari Tanah Air,  Lintang ini sudah bertekad bulat buat dapatin suami bule. Bagaimana akhir kisah mereka? Siapakah di antara 4 sahabatnya yang nanti juga akan dicintai Lintang?  Silakan baca di novel atau tunggu saja filmnya. 


Siapa Saja Pemain Film Negeri Van Oranje?

  • Lintang (Tatjana Saphira)
  • Banjar (Arifin Putra),
  • Geri (Chicco Jerikho),
  • Wicak (Abimana Aryastya)
  • Daus (Ge Pamungkas)
Pemain film Negeri Van Oranje

Di antara lima aktor terkenal itu, yang paling kutunggu itu perannya Abimana. Selain film ini, sebentar lagi dia juga membintangi Bulan Terbelah di Langit Amerika yang merupakan kelanjutan 99 Cahaya di Langit Amerika. Penampilan Abimana di Negeri Van Oranje ini rada gimana gitu, mungkin karena tuntutan model rambut gondrong. Tapi justru itulah yang bikin penasaran.


Negeri Van Oranje Syuting di Kebun Tulip Terbesar di Dunia, Keukenhof

Belanda tanpa tulip bagaikan pocong tanpa kafan. Keduanya  blas nggak bisa dipisahkan. Memang Belanda punya banyak tulip, kalau lagi musim hampir di semua taman ada tulipnya. Tapi mereka juga punya satu taman tulip terbesar dan paling tersohor seantero dunia. Taman ini bernama Keukenhof atau bisa juga diartikan sebagai Taman Dapur (nyambung?). Keukenhof ini nggak buka sepanjang tahun, hanya 8 minggu saja di bulan April sampai Mei. Pas tulip sedang musim berbunga, baru ini taman dibuka untuk umum. Kebetulan sekali jadwal syuting Negeri Van Oranje bertepatan dengan dibukanya taman ini, jadi kita juga bisa lihat keindahan taman ini dalam film nantinya. 
Lokasi syuting film Negeri Van Oranje
"Setahu saya, jadwal syuting memang disesuaikan dengan waktunya bunga tulip berkembang. Jadi pas syuting memang bunga tulipnya sedang bermekaran. Pokoknya indah sekali. Saya cerita sama ibu saya, kalau saya syuting di Keukenhof. Ibu saya seperti kurang senang karena saya sudah ke sana dan dia belum. Tapi setahu saya ibu saya sudah pernah ke Keukenhof, tapi sudah lama sekali. " Ujar pemeran Banjar seperti yang dilansir kapanlagi.com

Selain tempat-tempat ikonik plus kampus-kampus beken di Belanda, film Negeri Van Oranje juga mengambil setting di Praha, Republik Ceko. Jika ditanya kenapa bisa di sana, aku juga belum tahu persis. Yang pasti itu kejutan untuk penonton.

Nah itulah tadi sekilas dua kilas mengenai upcoming movie: Negeri Van Oranje yang akan kita saksikan di bioskop Desember nanti. Bagi yang penasaran dengan keindahan Belanda atau ingin tahu lika-liku kuliah di sana, film ini sangat kurekomendasikan. BACA JUGA: FILM INDONESIA SYUTING DI NEW YORK, BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA.

 


2 comments:

  1. yang pakai kacamata itu pemain stand up comedy bukan haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau juga kalau di Stand Up, aku taunya dia maen di The East Net.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...