Tuesday 1 January 2013

'9 Summer 10 Autumns' dari Mas Iwan, Segera Tayang di Bioskop

Apa kabar sahabat? Semoga masih berada dalam dekapan Hidayah dan kasih sayang-Nya. Amien...
Aku kembali lagi dengan sebuah ulasan singkat tentang sebuah buku. Memang aku selalu bingung tema apa yang mau di share ke sobat semua. Jadi mumpung punya lumayan banyak buku, tidak ada ruginya jika kita saling berbagi.

Untuk kali ini, aku punya sebuah Novel dengan judul ‘9 Summers 10 Autumns’. Sudah punya? Untuk yang belum pernah membaca, tidak ada salahnya membaca ulasanku ini. InsyaAllah akan sedikit memberi gambaran tentang isi novel ini. Sebenarnya, ini bukan Novel baru. Awal terbitnya pada Februari 2011. Lumayan lama ya? Yups tapi gak apa-apa, bukankah sebuah tulisan tidak akan pernah basi sepanjang masa? Selalu ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari sebuah tulisan.

Mas Iwan Setyawan
Oh ya sobat, sebenarnya cerita dalam Novel ini tidak lama akan muncul di Layar Lebar. Ah masak iya? Iya donk, kan ada sedikit adegan yang di ambil di depan kost-an ku sekarang. Wah, waktu itu rame banget yang ngelihatin proses syutingnya. Karena itulah, aku jadi berburu Novel ini. Soalnya, aku paling nyesel kalau nonton film yang di adopsi dari Novel, dan Novelnya belum kubaca. Jadinya gak bisa membandingkan ya? Walau memang selalu lebih unggul di Novel.

Oke, siapa sih Penulisnya? Hmm... Namanya memang sepertinya kurang familiar tapi sekarang ternyata sudah terkenal sekali. Iwan Setyawan, kenalkah? Ya, seorang Alumnus Institut Pertanian Bogor jurusan Statistik. Sebenarnya kisah dalam Novel ini adalah kisah nyata lho guist. Novel ini juga terpilih sebagai Buku Fiksi Terbaik pada Jakarta Book Award 2011 dan tentunya sekarang sudah menjadi Novel Best Seller. Hebat ya?

Tentang apa’an sih Novelnya?
Yaps, Greats question guist. Novel ini menceritakan tentang perjalanan hidup mas Iwan (secara, beliau lebih tua), bagaimana masa kecilnya di Kota Batu, Ayahnya yang ‘hanya’ seorang sopir angkot, rumah kecilnya, perjuanganya kuliah di Bogor hingga ia sukses menjadi Direktur sebuah Perusahaan Multinasional di New York. 9 Summers 10 Autumns sendiri adalah waktu yang ia habiskan saat di New York bersama Pekerjaanya.

 

Alurnya gimana?
Nah, sebenarnya kemampuan mas Iwan mengolah alur Novel inilah yang membuat Novel ini terasa istimewa. Alur yang maju-mundur membuat pembaca tidak bisa meng-cut bacaanya. Dalam Novel ini keseluruhan adalah cerita mas Iwan kepada sahabat kecilnya yang hingga akhir Novel tak ku fahami siapa bocah yang selalu menemani hari-hari mas Iwan selama di New York itu. Dalam novel ini juga banyak ditemukan puisi-puisi yang sungguh indah sekali di tambah gaya menulis mas Iwan yang ku akui unik dan istimewa. Selain itu, bagi yang kemampuan Inggrisnya sedikit lemah, aku sarankan untuk menyediakan kamus terlebih dahulu karena sepanjang cerita dalam Novel ini begitu banyak dialog-dialog berbahasa Inggris yang kelihatanya mas Iwan sama sekali tak mau membantu pembacanya.

So?
Saya sarankan bagi yang belum memiliki Novel ini, segera mencari. Baik dari membeli maupun pinjam. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari Novel 221 halaman ini. Selain kerja keras, mas Iwan juga mengajak kita untuk selalu mencintai keluarga apapun keadaanya. Dan yang lebih greats-nya, because sebentar lagi Film nya bakal muncul nih. Jangan sampai ketinggalan yaa... Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Soff.. Aku pengen nnton nih.
    tapi gak ada yg upload film judul ini.
    kebanyakan trailer nya doang...
    kalo punya Link Film ini, give me soon yah sayy..
    trailer nya kerenn..
    pasti isinya menarik bgtt...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...