Thursday 25 June 2015

Selangkah Sebelum Wisuda




Alhamdulillah sidangku sudah terlewati sehari lalu, tepatnya Rabu 25 Juni 2015. Aku bersyukur mendapat dosen pembimbing dan dosen penguji yang baik hati. Selama hampir dua jam di ruang sidang, kami hanya berbincang layaknya sedang bimbingan. Tidak ada pertanyaan yang terlalu sulit diajukan padaku. Meski terkadang jawaban yang kuberikan tidak sempurna benar, aku berusaha memberikan argumentasi yang masuk akal. Kuberi tahu, ya, kalau kalian sedang presentasi atau sidang, jawab saja dengan menyakinkan. Ekspresi kita adalah kuncinya. Tidak peduli jawaban kita tidak terlalu benar, yang penting kita tunjukkan bahwa kita menguasai hal tersebut. Kalau sudah begitu, baik audiens maupun dosen penguji pasti akan percaya.

Di hari sidang, aku tidak begitu ketakutan. Mungkin karena rasa takut sudah dihabiskan di detik-detik sebelum seminar satu minggu lalu. Dari rumah aku sudah menyiapkan semua berkas-berkas yang dibutuhkan, termasuk slide presentasi. Soal pakaian, kita diwajibkan mengenakan bawahan hitam dan kemeja putih. Jadilah, aku memilih rok jersey hitam dan kemeja putih yang kukenakan saat registrasi masuk IPB tiga tahun lalu. Di luar kemeja, aku menambahkan blazer hitam dan jilbab segiempat warna tosca.

Pukul 09.30 aku masuk ke ruang sidang, keluar pukul 11.00 lebih. Di luar teman-teman sudah menunggu. Wah, banyak sekali bunga, cokelat, dan aneka jajanan yang dihiasi pita berdatangan. Saking bahagianya sampai tidak bisa bicara. Acara dilanjutkan dengan foto-foto dan menunggu teman yang sidang selanjutnya.




Ini sepupuku yang satu angkatan, dia juga habis sidang beberapa hari lalu
Saat perjalanan pulang, ada banyak stand dibuka di halaman gedung utama kampus. Oh, ternyata sedang musim registrasi mahasiswa baru angkatan 52. Waktu berlari sangat cepat, meninggalkan segalanya jauh di belakang. Rasanya baru kemaren sore aku dan teman-teman melakukan registrasi masuk IPB, sekarang sudah sampai di penghujung. 

Ucapan selamat juga bertubi-tubi kudapatkan dari pesan BBM. Terlebih saat aku memasang display picture moment seusai sidang. Semua ucapan tersebut mengingatkanku bahwa fase perkuliahan tahap pertama sebentar lagi usai. Fase baru dalam hidup akan segera dimulai. Untuk sekarang, aku masih belum ingin melanjutkan kuliah. Rasanya bosan dengan semua aktifitas perkuliahan. Tapi bagaimana nanti, aku masih belum bisa memastikan.

Akhirnya, aku ucapkan terimakasih untuk teman-teman, kenalan, dan siapa saja yang datang, yang memberikan hadiah-hadiah, dan yang memberikan ucapan selamat. Semoga Allah membalas kebaikan sahabat semua dengan ganjaran terbaik. Aamiiin...

3 comments:

  1. Selamat Sofiii, semoga berkah gelar dan ilmunya ya :) Tinggal nunggu wisuda nih, pasti rasanya campur aduk banget.

    ReplyDelete
  2. Selamaaaat ya Sofiiii. Setahun yg lalu, 11 Juni 2014 saya juga ngalamin yg kamu alami. Ih jadi momen yg tak terlupakan deh.

    Oya selamat menyambut kehidupan yg sebenarnya

    ReplyDelete
  3. ALhamdulillah, selamat ya dear sofi, ah jadi kangen kampus :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...