Saturday 7 November 2015

Muslimah, 3 Tips untuk Upgrade Gaya Berpakaianmu!



*Edisi Muslimah Turki Hijab Fashion

Kebanyakan gaya berpakaian wanita Indonesia memang terkesan berlebihan. Terkadang mereka ingin sesuatu yang berbeda, tidak tahunya justru membuat penampilan mereka terlihat menyedihkan. Lihat saja gaya hijab yang bertumpuk-tumpuk seperti bunga mawar terbalik di atas kepala. Mungkin saat artis yang memakai hijab seperti itu, mereka akan terlihat bagus. Tapi begitu diterapkan oleh kamu yang biasa-biasa saja, hasilnya justru norak. (BACA JUGA: 6 HIJAB STYLE ALA DIAN PELANGI YANG PALING SERING DIGUNAKAN)
Hal seperti inilah yang sebaiknya kita hentikan mulai sekarang, yaitu niat ingin mengikuti tren, tapi justru mematikan karakter sendiri. Percaya atau tidak, kepribadian seseorang bisa dilihat dari caranya berpakaian. Seorang anak alay yang masih duduk di bangku kelas 2 SMA akan memiliki penampilan berbeda dibandingkan wanita berumur 20+. Jika remaja lebih senang mengikuti tren, maka kamu sudah bukan masanya lagi. Maksudku akan lebih baik bila kamu memiliki cara berpakaian yang khas dan mampu menunjukkan karaktermu.

Menentukan penampilan sendiri bukan berarti kamu harus menciptakan dari awal. Ada banyak publik figur atau kelompok wanita tertentu yang bisa dijadikan acuan, dengan syarat ada kesamaan karakter antara kita dan dia. Contohnya, untukmu yang menyukai penampilan sederhana, berkelas (bukan berarti harus mahal), ilegan, serta terlihat profesional, aku menyarankan untuk mengambil inspirasi dari hijab fashion Muslimah Turki.

Sejauh ini, ada beberapa akun instagram Muslimah Turki yang menjadi favoritku. Di antaranya adalah akun bernama @Karalardansena, dan marilah kita panggil dia Sena. Tidak banyak yang bisa diketahui tentang info pribadi Sena, karena memang namanya tidak pernah terekam di facebook atau artikel. Yang kutahu, dia tinggal di Istanbul dan baru saja menikah belum lama ini. 

Sejauh ini aku lebih banyak mengamati gaya berpakaian dan hijab yang sering ia upload di instagram. Meskipun banyak masyarakat Turki yang memilih hidup sekuler, masih banyak kok para wanita mereka yang mengenakan hijab. So, untuk kamu yang berniat untuk upgrade gaya berpakaian, style hijab fashion Sena berikut bisa menjadi inspirasi.


1. Pilih Warna Berkarakter

Muslimah Turki mencintai fashion yang simpel namun ilegan, setidaknya itulah yang kusimpulkan setelah melihat rata-rata haya berpakaian mereka. Ini sedikit berbeda dengan minat Muslimah Indonesia yang secara umum lebih senang pakaian yang terlihat rame. Lihatlah model pakaian yang mendominasi pusat perbelanjaan kita, pasti akan sulit bagimu untuk menemukan pakaian ilegan seperti yang dikenakan wanita Turki. 

Turkish Hijab Fashion by @Karalardansena
Seperti long tunic yang dikenakan Sena, sisi ileganan Muslimah Turki memang lebih sering ditunjukkan melalui warna yang berkarakter. Seringkali mereka memilih hitam sebagai warna wajib. Antara bawahan, atasan, hijab, atau tas, salah satunya selalu berwarna hitam. Jikapun tidak, mereka akan memilih warna berkarakter lain seperti merah tua, putih, donker, biru tua, atau hijau tua. 


2. Potongan yang Sederhana

Turkish Hijab Fashion by @Karalardansena
Ya kamu boleh memperhatikan sendiri cara berpakaian Muslimah Turki. Mereka tidak suka model pakaian yang aneh-aneh, misalnya dengan tali-tali, sayap terbang-terbang, atau embel-embel lain yang justru menimbulkan kesan norak. Dari dua foto Sena di atas, kita bisa melihat betapa simpelnya model pakaian yang ia kenakan. Hanya atasan panjang tanpa model yang aneh-aneh. Untuk hijab pun mereka tidak rempong, sedikit kontras dengan selera wanita Indonesia.

Sayangnya sampai sekarang sulit sekali mencari pakaian jenis ini selain di butik, dan tentu saja harganya bisa jadi lebih mahal. Menurutku inilah salah satu kesulitan yang kita hadapi apabila ingin berpenampilan seperti Muslimah Turki. Biarpun sulit, kamu tetap bisa menyiasati dengan cara menjahit sendiri pakaian sesuai model yang diinginkan. Maksudku bukan kamu yang menggunting bahan dan menjahit dengan mesin jahit sendiri, tapi datangnya ke penjahit yang dipercaya.


3. Celana Bahan, Mengapa tidak?

Di Indonesia, penggunaan celana bahan untuk acara santai bisa dikatakan ketinggalan jaman. Muda-mudi kita lebih nyaman mengenakan jins dibandingkan celana bahan. Biasanya celana bahan hanya dipakai sebagai uniform kampus atau lingkungan kerja. Di luar itu jins masih jadi favorit. 

Di Turki, celana bahan masih digemari hingga saat ini, khususnya para Muslimah. Mereka lebih sering mengenakan celana bahan dibandingkan jins. Bahkan tidak sedikit Muslimah Turki yang mengenakan celana bahan dengan potongan bawah lebar. Biarpun begitu, mereka tetap tidak terlihat ketinggalan mode. 
 
Turkish Hijab Fashion by @Karalardansena
Bagi kamu yang ingin memadu padankan celana bahan untuk acara santai, style Sena di atas bisa menjadi inspirasimu. Cukup mengenakan tunik, long outer, atau kemeja panjang, celana bahan akan terlihat manis di tubuhmu. Justru pemakaian celana bahan bisa meningkatkan statusmu di mata orang-orang. Kamu akan terlihat lebih dewasa dan profesional. Mulai sekarang mari upgrade penampilan menjadi yang lebih baik.


4 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...