Saturday 5 December 2015

Tips dan Trik Cerdas Saat di Dapur yang tidak Pernah Terpikirkan!


Aku nggak termasuk golongan wanita yang sering bolak-balik dapur, mungkin karena sejak umur 13 tahun aku udah merantau ke Pesantren dan sejak itu nggak pernah masak sendiri. 

Saat kuliah pun aku nggak pernah masak. Lebih simpel dan murah beli lauk matang ketimbang masak yang justru menghabiskan waktu dan budget lebih banyak. Aktivitas masak biasanya hanya kulakukan pas pulang kampung setahun sekali. 
Ya gitu deh, kalau anak perempuan ada di rumah, Ibu ambil kesempatan buat sedikit lebih nyantai. Tugas masak sering diserah terimakan ke aku. 

Ketemu dapur dan peralatan masak aja cuma setahun sekali, jadi bisa dipastikan aku masih ngeri-ngeri tiap kali mencoba satu menu. Terkadang aku coba bereksperimen dengan resep dari internet, mulai dari resep sederhana membuat seublak hingga mi ayam. Terkadang berhasil, tapi lebih banyak gagalnya.

Tiap kali Ibu yang masak, aku sering diminta memperhatikan. Dan aku nggak keberatan. Melihat kesigapan Ibu di dapur, sering membuatku terkagum-kagum sendiri. Bagaimana pun pengalaman is the best teacher. 

Mungkin aku yang masih kaku di dapur ini akibat jam terbang yang sangat minim. Kalau Ibu cukup sekali saja mencicipi masakannya, aku bisa 7-10 kali hanya untuk memastikan asin dan manisnya pas. 

Terlebih (I think), indra perasaku nggak begitu baik. Sejak terbiasa dengan makanan sunda yang manis, aku jadi kurang peka dengan rasa asin. Yang menurutku sudah asin, begitu dimakan orang lain masih tawar. 

Baiklah, lupakan pengalaman di dapur. Dalam bahasan kali ini, aku ingin membagikan beberapa tips dan trik selama di dapur. Tentu saja aku mengetahuinya dari Ibu dan sepupu, lalu aku cari-cari di google, dan ternyata setelah thawaf aku mendapatkan foto-fotonya. 

Tips and trik berikut bisa sangat mempermudah sekaligus safe your time. Beberapa trik sempat membuatku terkagum-kagum saat baru pertama kali tahu. 

Misal, sebelumnya tiap aku menyimpan es krim di kulkas selalu saja berubah keras seperti batu. Nggak ada lagi tuh bentuk es krim lembut kayak di iklan-iklan.

Hingga beberapa hari kemaren, sepupuku beli es krim untuk kita makan berdua. Hanya berhasil dikandaskan setengah. Selebihnya dia simpan di kulkas. Anehnya dia memasukkan wadah es krim ke dalam plastik kedap udara terlebih dahulu.




“Lho kenapa?” aku yang terheran-heran ini pun bertanya-tanya.

“Biar nggak keras aja. Kalau nggak diginiin, besok makannya bakal susah. Harus didiamkan dulu di udara terbuka. Kan males banget nungguin.” Jawabnya. Aku pun manggut-manggut.

Nah, berikut beberapa tips dan trik yang akan mempermudah aktifitasmu di dapur:



Tumbuhan Herbal dalam Minyak Zaitun

http://www.thehungrymouse.com/20

Adakah sahabat Muslimah yang terbiasa nyemil tanaman herbal sambil makan nasi? Istilahnya buat lalapan. Kalaupun nggak dilalap, bisa juga langsung dimakan. 

Aku sendiri nggak suka lalapan herbal, rasanya aneh. Tapi bagi kamu yang suka, pasti sering dong nyimpan dedaunan herbal di dalam kulkas untuk periode berhari-hari bahkan minggu. Sama seperti sayuran, dedaunan herbal juga akan menghitam apabila ditelakkan dalam kulkas terlalu lama. Istilahnya burn in freeze.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mencoba trik berikut, yaitu dengan menambahkan minyak zaitun pada dadaunan herbal tersebut. Selanjutnya tinggal dibekukan. Kapan-kapan dibutuhkan, kamu bisa memotongnya dan langsung dimakan, atau di-thawing terlebih dahulu sebelum diolah menjadi jus, jamu, atau makanan. 

Pembekuan menggunakan minyak zaitun ini akan mengatasi masalah burn in freeze pada dedaunan herbalmu. So you can keep saving in on freezer for a long time without any worry.


Cangkang untuk Mengambil Cangkang

http://www.healthyrootshappysoul.com/

Ini adalah salah satu hal yang paling sering kulakukan, yaitu ketika memecahkan telur dan ada serpihan cangkang yang turut nyemplung. Aku pun langsung menjulurkan telunjuk untuk mengambil serpihan tersebut, atau kalau saat itu aku tidak sendirian (takut dikatain jorok), aku pun pilih menggunakan sendok untuk mengambil serpihan tersebut. 

Tapi, mulai sekarang kamu nggak perlu lagi mengorbankan telunjuk atau sendok demi serpihan tersebut, melainkan cukup menggunakan sisi cangkang yang sedang kamu pegang. 

That’s so easy! Namun pastikan tiap kali kamu membeli telur, cucilah cangkangnya terlebih dahulu. Awalnya aku terheran-heran saat melihat sepupu membeli satu papan telur, kemudian ia cuci dan sikat bersih sebelum disusun dalam kulkas. 

Tapi setelah kuperhatikan, she is right. Cangkang yang dicuci akan tampak bersih, bebas dari kotoran yang menempel yang bisa saja mengandung bakteri mempercepat pembusukan, serta tetap menjaga kesegaran plus aroma kulkasmu. Nggak mau kan ada kejadian memalukan, misal saat temanmu main ke rumah dan buka kulkas, tiba-tiba tercium bau kotoran ayam?



Es Batu Bebas Kabut

http://www.instructables.com/

Sering bikin es batu? Pernah mendapati kasus es batumu berkabut? Yeah, ini adalah kasus yang paling banyak ditemukan dalam dunia pembekuan air menjadi es. Memang bukan masalah serius, karena rasanya sama-sama tawar. Lagipula orang-orang nggak akan protes, “Ah, aku nggak mau ah minum es sirupmu. Es batunya berkabut gitu. Kayak ada kebakaran di dalamnya.”

Tenang, baik suami, anak, orang tua, teman, nggak bakalan merhatiin wujud es batu dalam minuman segar yang kamu sajikan. Hanya saja, ini akan jadi sangat penting untukmu yang perfeksionis dalam segala hal, termasuk makanan dan minuman. 

Hukumnya menjadi fardu ain bagi para chef atau pekerja dapur yang profesional. Mereka kan nggak hanya dituntut untuk bikin menu yang enak, tapi juga harus eye catching. Nah, akhirnya setelah diteliti, penyebab utama es batumu berkabut karena kamu menggunakan air tanpa direbus untuk dijadikan es.

Mulai sekarang, jika kamu ingin mendapatkan es batu yang super bening, rebuslah dulu airnya. Saat masih hangat, segera masukkan dalam cetakan atau plastik, dan bekukan. Kamu bisa lihat hasilnya beberapa jam kemudian!



Mengupas Jahe dengan Sendok

http://www.chicaandjo.com/
Kejadian ini kualami saat bantu-bantu masak di rumah tetangga yang mau hajatan. Karena nggak pake jasa catering, jadinya panggil tetangga kanan-kiri buat bantuin. Aku sih nggak bisa bantu untuk pekerjaan yang penting, seperti meracik bumbu. Tapi kalau urusan kupas mengupas, potong memotong, cuci mencuci, it’s okay lah. 

Nah, pas disuruh ngupasin jahe, aku langsung aja ambil pisau. Eh, ternyata hasilnya merugikan. Kenapa merugikan? 

Karena banyak sekali daging jahe yang ikut terkupas bareng si kulit. Jadi mubazir. Hingga akhirnya Ibuku datang dan bilang, “Gini lho nduk caranya.” 

Beliau mengambil sendok kemudian mengeroknya. Taraa... para jahe-jahe pun bisa terlihat seksi tanpa ada bagian tubuhnya yang dibuang dengan cara nggak terhormat. 


Es Krim Ala-Ala

http://www.onegoodthingbyjillee.com/

Pernah nggak beli yoghurt, jelly, susu, atau apalah, kemudian kamu bekuin dalam kulkas? Pasti pernah lah. Apalagi anak kosan yang hobinya nyetok makanan. 

Bukan perkara dosa kalau semua makanan tadi kamu nikmati dengan cara sendiri. Bisa pake sendok, bisa juga tunggu agak mencair terus disedot. 

Tapi aku punya cara pintar yang bikin kamu bisa menikmati youghurt dkk layaknya sedang makan es krim. Triknya sederhana, cukup tancapkan stik es krim dan nanti kalau sudah beku, tinggal dipegang bagian stik nya aja. Lebih keren aja kesannya.


Mengupas Jeruk Ala Orang Jenius

http://jewelpie.com/

Saat ingin makan jeruk, biasanya aku akan memisahkan sang jeruk jadi dua bagian terlebih dahulu. Kemudian menarik satu per satu sambil dimasukin ke mulut. Ada juga yang pilih mengupas kulitnya terlebih dahulu. 

Nggak ada yang salah. Tapi sejak aku tahu trik mengupas yang paling cepat plus mudah berikut ini, aku nggak lagi pakai cara klasik untuk mengupas jeruk. Lihatlah, cukup potong sedikit kutubnya, lalu buat jalan di sisi samping, dan jejeran isi jeruk pun siap dinikmati. 


Selada tetap Segar Berminggu-Minggu

http://grannyshints.com/

Pernah nyimpan selada di kulkas, tapi seminggu kemudian sudah gosong? Berikut adalah trik jenius untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya: masukkan selada dalam baskom, letakkan tisu atau kain tipis di atasnya, lalu tutup dengan plastic wrap (yang biasa untuk nyelubingin paket buah-buahan), maka seladamu akan tetap segar dalam waktu yang lama.

And, the photo of tricks bellow are a bonus!

http://onejive.com
http://www.thepinjunkie.com/


Selamat mencoba!

Lots of Love
Sofia





6 comments:

  1. Haha... masa ada kebakaran di dalam es batu? Tapi ngomong-ngomong tips dan triknya bisa dicoba nih.

    ReplyDelete
  2. ngupas jeruknya sgt menarik .. es batunya jadi cling kinclong.
    good idea ! bisa dipraktekkan, d dapur mjd sgt menyenangkan :)

    ReplyDelete
  3. wah mantap tipsnya, emang jarang yang tahu tips kayak gini..bookmark dulu ah :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...