Friday 15 May 2015

6 Hal yang Menarik dalam Serial Elif



Akhir-akhir ini waktuku banyak dihabisin di kosan, paling jauh ke kampus setiap dua atau tiga kali seminggu buat ngurusin tugas akhir. Selebihnya, bener-bener jadi pengangguran. Jadinya aku punya banyak waktu buat mantengin tivi di kamar, kadang sambil nulis nggak jelas, kadang sambil tiduran, dan sering juga tivinya ditinggal tidur.  Dalam seminggu terakhir, entah kenapa aku seneng banget ngikutin drama Turki yang tayang malam hari di ANTV dan siang hari di SCTV, bentar lagi mau nambah satu drama lagi lho. Mungkin rating-nya bagus, jadi stasiun tivi Indonesia terus ngimpor drama dari luar. Salah satu drama yang ingin kubahas sekarang adalah ELIF. 
 
Elif
Elif dan Melek (ibunya)
Drama Elif ini bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Elif yang baik hati, pintar, suka menolong, polos, namun dia hidup terpisah dengan ibundanya. Sementara sang ibu harus kerja banting tulang agar bisa hidup layak nantinya bersama Elif. Sementara waktu Elif ini tinggal bersama Bibi Aisye di rumah keluarga kaya raya. Intinya gitu deh.

Nah, hal-hal yang aku suka dari drama Elif ini antara lain:

1. Banyak menyebut nama Allah
Yess, bener banget! Kadang aku sampe terheran-heran saking seringnya mereka menyebut-nyebut nama Allah dalam setiap pembicaraan. Bahkan nih, para pemain jahatnya juga hapal banget kalau urusan mengucap, Masya Allah, insya Allah, ya Allah, dan lain-lain. Lucu aja gitu, di saat para pemain antagonis sedang merencanakan sesuatu yang kurang baik, tapi tetap bilang ‘insya Allah’. 
Ini nih pemain antagonis yang paling banyak ngucap
2. Menjunjung Tinggi Sopan Santun
Kalau urusan sopan santun mungkin orang Turki sudah jago, ya! Meskipun sebagian hidup sekuler dengan budaya Barat, namun tidak sedikit pula orang Turki yang masih menjunjung nilai-nilai ke-Timuran. Ini terlihat jelas dalam serial Elif. Contohnya saat Melih datang seorang diri melamar Ipeh, spontan keluarga Ipeh nggak sreg. Mereka menganggap tindakan Melih yang menemui keluarga Ipeh seorang diri tanpa membawa keluarga itu kurang sopan. Jadi di sana itu kalau melamar, ya si laki-laki harus datang bersama keluarga. Persis kayak di Indonesia. Dan mereka nggak pake pacar-pacaran, lho. Melih udah sreg sama Ipeh, langsung deh bilang ke kakaknya Ipeh kalau malam nanti dia mau datang. Pas keluarganya Ipeh udah kumpul semua, Melih mengungkapkan niatnya. Agak so sweet kalau dipikir-pikir (note: terlepas dari maksud sebenarnya Melih melamar Ipeh).
Tuan Melih
Ipeh yang cantik (Gak tau Ipeh atau Ipek, ya?)
Oh iya, nama Ipeh ini kesannya kayak pembantu, yak? Tapi kalau di sana nggak! Ipeh di serial ini adalah gadis cantik anak horang kayah! Berbanding terbalik sama nasip Ipeh di Indonesia.

3. Berpakaian Sopan
Kalau pakaian dalam serial Abad Kejayaan pada terbuka di bagian atas, sampe-sampe para kru ngos-ngosan ngeblur, pakaian dalam serial Elif ini kebalikannya. Pakaian para wanitanya sopan-sopan, jarang banget ada bagian atas yang terbuka. Kalau pun pake rok, biasanya sampe di bawah lutut. Jadi enak gitu nontonnya. dibandingin ama sinetron Indonesia, masih menang orang Turki, lah! Dalam sinetron Indonesia masih banyak remaja-remaja yang pake hot pant atau pakaian yang menampakkan belahan atas.

4.Musik yang menyayat hati
Urusan mengoyak-ngoyak hati dengan musik, orang Turki memang dukunnya. Nggak dalam serial Abad Kejayaan, nggak dalam serial Elif, dua-duanya punya backsounds yang miris banget. Atau aku aja yang terlalu lebai? Baik, mungkin ini khusus untuk orang setipe sama aku aja. Kalau dengar backsounds-nya selalu pengen nangis tanpa sebab. Proporsi musik mereka banyak ke biola kayaknya. Jadi hati pendengar pun mirip senar biola yang tergores-gores (hahai).

5. Pemain yang Ganteng dan Cantik
Yeah, kalau dalam serial Indonesia mata kita harus berair saat lihat peran pembantu yang biasanya beda jauh sama pemeran utamanya, dalam serial Turki ini semuanya terlihat indah. Hidung lancip, kulit putih, tubuh tinggi, dan lain-lain. Jadi meskipun dapat peran pembantu, pakai pakaian ‘kelas bawah’, tetap aja cakep. Apalagi pemeran utamanya, dijamin nggak bakal bosan! Aku sih sukanya sama pemeran Selim, Melih, Melek, Zeynap, aduuhhh semuanya!

Selim, Zeynap, ve Murat

6. Mengajarkan Kebaikan
Iya, bener banget! Banyak sekali nilai-nilai kebaikan di dalamnya. Misal, saat hampir memasuki musim dingin, keluarnya Tuan Kenan langsung mengumpulkan pakaian-pakaian untuk diberikan pada mereka yang susah. Begitu juga saat Tugce bilang, hadiah ulang tahun itu harus mahal. Bibi Ipeh dan Aisye langsung bilang kalau hadiah ulang tahun yang paling berarti itu adalah yang datang dari hati.

Okeh, itulah tadi beberapa hal yang bikin aku cukup terhibur saat nonton serial Elif. Bagi yang ngikutin serialnya, dan punya pendapat pribadi mengenai hal-hal yang disukai, monggo ditambah.


15 comments:

  1. saya baru satu dua kali liat ini di tivi siang hari, nggak ngerti topiknya apa, jadi lebih fokus sama tata ruang rumahnya, kantornya, kesederhaan pakaiannya, tata riasnya, trus mimik bicaranya. hehe.
    trus yang malam hari itu, sy suka sekali, hampir tak terlewatkan, suka banget sama background ala kerajaan masa kuno gitu, trus banyak hikmah yg sy petik, hati-hati memilih kawan, jaga cara bicara, dan jangan mudah terhasut :))

    ReplyDelete
  2. Saya kagum dengan kecantikan dan ketampanan orang Turki. Wajah mereka unik, mungkin karena campuran Asia dan Eropa, hehe...
    salam

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah nonton. Rame, ya?

    ReplyDelete
  4. Sahabat saya karena keseringan ke Turki (salah satu negeri favoritnya) sampai punya 2 keluarga angkat satunya agak sekuler gitu yang satu dekat sekali dengan nilai-nilai Islam. Namun begitu keduanya sangat hangat. konon semakin kesini Turki memang semakin menunjukkan nilai nilai Islamnya, insha allah sampai sana mbak sofi :)

    ReplyDelete
  5. ini tayang kapan tho sof? saya malah jarang nonton TV, saya suka jika ada serial yang sesopan ini

    ReplyDelete
  6. saya belum pernah nemuin drama kaya gini, di youtube ada nggak ya hehehe

    ReplyDelete
  7. itu ipek mba bukan ipeh hehe

    ReplyDelete
  8. Elif ini tayang dimana sof. Antv atau sctv?
    Btw lucu ya pemeran antagonis merencanakan jahat pake InsyaAllah hahaha.

    ReplyDelete
  9. film yang menarik .. nih .. belajar budaya di negri lain, kelihatannya sangat menginspirasi.. sip dech kunjungan perdana & salam blogging :)

    ReplyDelete
  10. serial abad kejayaan aduh.....bener bener seperti kembali ke masa para nabi ...g pernah terlewatkan deh...apalagi melihat desain bajunya...bisa untuk inspirasi bagi para desainer lho....

    ReplyDelete
  11. saya suka mempelajari budaya islam di negara negara lain,meskipun hanya dari membaca ato sosmed.tak salah ketika Alloh menciptakan manusia bersuku suku supaya kita saling mengenal....bukan begitu.....

    ReplyDelete
  12. Turki my next destination country.......semoga ....

    ReplyDelete
  13. Turki adalah negara khayalanku waktu kecil, Elif drama menggambarkan negara itu....so sweet.....

    ReplyDelete
  14. wah sob apa yang anda tulis tentang serial dari turki kok pendapatnya sama ya dengan saya,saya sebelumnya tidak pernah nonton sinetron indonesia karena kurang suka,ketika saya lihat serial dari turki wah langsung suka dan nonton terus selain para pemainnya cakep-cakep cerita dan musiknya sangat bagus sekali.kemarin sore mereka pemain ELIF tiba di indonesia...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...