Sunday 21 February 2016

EMPAT HAL YANG PALING SERING KUTONTON DI YOUTUBE



Photo by: @mualliiime

Sebulan terakhir, youtube seperti sudah jadi sahabat. Bersyukur banget ada youtube di jaman ini, jadi bagi kita yang gak bisa mendatangi majelis ilmu pun bisa tetep dengerin tausiyah dan tayangan bermanfaat. 

Percaya gak kalau kukatakan, iman itu naik turun? Naiknya sih sesekali, nah turunnya itu lho yang biasanya suka jeblok. Bertahun-tahun ninggalin shalat malam, pas udah dapat hidayah dan mau kembali shalat, tapi seminggu kemudian iman down dan gak mau shalat lagi. Buanyak banget yang bikin iman terjun payung. Kalau menurutku sih hal yang paling berperan besar itu tontonan. Instagram juga masuk hitungan.

Why? Gak tau ya kenapa, tiap kali habis nonton sesuatu yang gak bermanfaat, misal sinetron atau film ala roman picisan, bawaannya menghayal yang manis-manis dan berujung males banget mau ibadah. Iblis memang luar biasa banget niupin angan-angan kosong dalam hati kita. Makanya harus banyak istighfar dan mengingat Allah. 


Sedangkan instagram, sebenarnya masih bisa di-filter sih. Tergantung kita nya juga. Kalau yang di-follow adalah akun baik, ya kita juga bisa kecipratan spirit baiknya. Tapi kalau yang di-follow adalah mereka yang selalu aja mamerin gaya hidup hedonis, balik lagi deh ujung-ujungnya berangan-angan kosong. Pasti langsung terbersit keinginan, pengen juga punya tunic blouse kayak gitu, hijab sutra yang begitu, makan-makan yang seperti itu, atau pengen juga jalan-jalan ke Eropa terus naek balon udara (efek lihat videonya Syahrini, nih).

Kalau aku sendiri memang gak bisa sempurna ninggalin tontonan ya. Palingan hanya bisa mengurangi frekuensi nya aja. Jadi jarang-jarang nonton televisi, lagipula alhamdulillah akhir-akhir ini waktunya padat jadi gak sempat nonton juga. Kalaupun pas ada waktu buka televisi, biasanya yang kucari itu siaran Trans Khazanah yang khusus nyiarin tayangan Islami, atau kalau pas pagi itu paling suka nonton Islam itu Indah. Instagram juga follow akun yang nyebarin dakwah lewat quote-quote atau dalil. Jadinya apapun yang dibuka, insyaAllah jadi pengingat kita pada Allah swt.

Tapi nih tapi, karena minimnya siaran bermanfaat yang ada di TV, sementara iman lebih sering jeblok ketimbang naiknya, jadi aku juga harus cari siasat lain sebagai pengingat. Selama ini sih cara yang paling efektif itu lewat buku, tapi karena pas hijrah ke Bintan semua bukuku ditinggal, jadinya aku belum punya satu buku pun di sini. Alternatif kedua ya youtube. Mumpung di rumah ada wifi yang kenceng.
Pengen tau apa aja yang paling sering kutonton? Yuk lanjut baca!


1. TAUSIYAH USTADZ YUSUF MANSUR

Jujur deh, aku bersyukur banget waktu itu nyempetin diri nonton tausiyah beliau. Ceritanya panjang sih. Bisa satu tulisan sendiri. Intinya waktu itu aku lagi terpuruk banget pasca resign dari pekerjaan pertama. Ah, gelap banget. Super gelap. Aku hampir aja memutuskan pulang kampung waktu itu.

Hingga akhirnya di suatu pagi, aku inget Kak Desi (seorang blogger juga) pernah nulis status di BBM yang isinya begini, ‘Allah dulu, Allah lagi, Allah terus’. Terus Kak Desi juga pernah nasehatin aku, katanya kalau usaha itu jangan sendirian, tapi usahalah bersama Allah. InsyaAllah semua bakal jadi enteng. 

Nah abis itu aku mikir, perasan nih kalimat Allah dulu, Allah lagi, Allah terus, gak asing di telinga. Setelah coba mengingat selama beberapa detik, muncullah nama Yusuf Mansur di kepala.

“Kenapa aku gak coba dengerin tausiyah nya aja? Barangkali ada banyak lagi nasehat yang bisa kudapatkan.”

Langsung tuh meluncur ke youtube, ketik nama Yusuf Mansur, dan boom muncul banyak link video yang jumlahnya tidak terhitung. Aku mulai nonton dari yang paling atas. Dan Alhamdulillah ternyata berhasil merubah hidupku. Bukan seketika semua impian bisa terwujud, tapi aku mendapatkan ketenangan. Dan itu sudah lebih dari yang kuharapkan.

Satu hal yang selama ini gak kudapatkan dari tempat lain adalah pelajaran tauhidnya. Selama ini kita sering banget ya bilang Allah, tapi nyatanya kita sama sekali gak kenal siapa Allah. Hati kita itu lebih sering khawatir, takut, dan cemas karena hal-hal duniawi. Terlalu banyak berharap sama manusia. Intinya gak yakin 100% sama pertolongan Allah swt. Makanya harus belajar tauhid, harus berusaha buat mengenal Allah.

Alhamdulillah sampai hari ini aku masih rajin nonton tausiyahnya Ustadz yang satu ini. Paling sering itu di pagi hari sambil siap-siap kerja atau pas malem sebelum tidur. Sekarang juga coba mulai ngamalin Al Mulk sebelum tidur, witir tiga rakaat. Masih belum tau sih apa manfaatnya secara duniawi, tapi jalanin aja, harapan terbesarku cuma pengen Allah gak ninggalin hati ini aja. Susah kalau Allah gak ada di hati, rasanya sesak mulu, sedih mulu, nyilu mulu. Tapi kalau ingat Allah, semua kerasa lapang. 

Dan alhamdulillah juga ya, di tempat kerja baru aku dipertemukan dengan orang-orang baik. Salah satunya ada Pak Hidayah yang sekarang anaknya lagi ngapalin Al Quran di Ciawi, Bogor. Kalau lihat wajahnya Pak Hidayah itu ketara banget orang baiknya. Wajahnya teduh, adem ayem. Jadi pengen bisa hidup dalam tenang kayak beliau juga. Caranya ya ini, dengan mendekatkan diri pada Allah. Esakan Allah dan jadikan Dia seperti sahabat. Lagi OTW, doakan saya ya moga bisa istiqomah.


2. PERJALANAN BERSAMA AL QURAN (INDONESIAN VERSION)

Pertama lihat tayangan ini waktu Ramadhan beberapa tahun lalu, kalau gak salah sih tahun 2013. Di rumah yang di kampung halaman kan pake antena parabola, jadi ada channel namanya WESAL TV. Di channel inilah pertama lihat Perjalanan Bersama Al Quran versi dubbing Indonesia. Hostnya seorang syeikh, qari, hafiz Quran asal Kuwait bernama Fahd Al Kandary. Pernah datang juga ke Indonesia juga ketemu Ust. Yusuf Mansur di Pesantren Daqu.

Acara ini dalam bahasa aslinya berjudul ‘Musafir Maal Quran’, isinya tentang perjalanan Syeikh Fahd ke berbagai negara untuk melihat mereka yang menghapal Al Quran. Mulai dari sekolah-sekolah, masjid, lembaga, atau keluarga penghapal Quran. Ah, kalau kamu nonton pasti tersentuh. Aku bisa nangis berkali-kali dalam satu episode nya. Oh ya, di youtube udah ada yang bersi dubbing-nya kok, jadi bisa dipahami dengan mudah.

Sejak nonton ini, aku udah berniat kuat kalau nanti pengen punya anak penghapal Quran. Sebenarnya ini tuh permintaan Bapak ke aku. Habis kuliah kemaren, Bapak minta aku buat ngapalin Quran dulu. Tapi akunya yang banyak alasan. Bapak juga pernah pesen kalau nanti aku punya anak harus dikenalin sama Al Quran sejak masih dalam kandungan. Ah, Bapak... Kangen Bapak. InsyaAllah semoga impian Bapak yang ini bisa terwujud. Aamiin...

Kembali ke acara Perjalanan Bersama Al Quran, ada banyak banget yang bisa dijadikan pelajaran. Tadi siang aku nonton yang edisi Mesir. Di sana Syeikh Fahd lagi mengunjungi seorang anak laki-laki berumur sekitar 12 tahun. Percaya atau gak, anak ini bisa menghapal Quran dalam waktu dua bulan. Terus bisa hapal hadis yang jumlah 11.000 dalam waktu 20 hari. Bayangkan, itu ingatannya setajam apa ya? 

Ada juga dari ceritanya Syeikh Fahd, sebuah keluarga yang punya tiga orang anak. Ketiganya perempuan. Umurnya 12, 10, dan 8 tahun. Ketiganya sudah hapal Al Quran di umur 6 tahun. Begitu ditanya ke orangtuanya, ternyata sejak dalam kandungan Sang Ibu sudah memperdengarkan Al Quran. Sehari-hari yang dibaca dan diamalkan ya Al Quran. Dari ponsel, ipad, dan segala jenis teknologi pun yang diperdengarkan ya Al Quran. Di mobil pun yang diputar ayat-ayat Al Quran. Mungkin itulah sebabnya ketiga anak itu bisa menghapalkan Al Quran dengan mudah.

Semoga kita juga bisa menghapal Al Quran sedikit demi sedikit ya. Semoga bisa hidup bersama Al Quran serta memperoleh keberkahan di dunia dan akhirat darinya.


3. JAZIRAH ISLAM

Di antara sekian banyak acara traveling berbau Islam yang ditayangkan di TV, Jazirah Islam adalah favoritku. Why?

Karena hostnya gak cuma mendatangi tempat-tempat yang ada hubungannya dengan Islam, melainkan juga mewawancarai Muslim-Muslimah yang ada di negara tersebut. Seringnya kagum pada perjuangan mereka mempertahankan iman di negara minoritas Muslim. Ada yang dikeluarin dari pekerjaan dan akhirnya harus jualan parfum keliling. Biar begitu, dia justru berkata kalau hidupnya sangat bahagia. 


Kebanyakan sih ngaku, perbedaan paling besar sebelum mereka menjadi Muslim dan sekarang sudah jadi Muslim itu adalah tujuan hidup. Dulu mereka mengaku gak punya tujuan hidup, gak ngerti kenapa kita hidup di dunia ini, dan sekarang mereka paham kalau hidup di dunia ini adalah test atau ujian untuk kehidupan yang kekal di akhirat nanti. 

Satu lagi alasanku seneng banget sama Jazirah Islam, karena negara yang dikunjungin itu gak hanya yang umum-umum saja. Tapi nyampe ke Finlandia, Amerika Latin, dan banyak lagi negara yang jarang banget kesorot kamera dari Indonesia. Gak nyangka di negara antah berantah begitu masih ada Muslimnya. 


4. INSPIRATION SERIES

Inspiration series ini udah punya puluhan episode. Bisa dibilang film pendek lah. Diperankan oleh Mohamed Zeyara (bagi kamu yang sering main ke blog ini, pasti tau lah siapa dia. Bagi yang belum tau, bisa dibaca di sini ya). Film pendek ini disutradai oleh Muhammad Bayazid (Muslim Amerika) dan didanai oleh sebuah lembaga dari Saudi. 

Bercerita tentang apa?


Semua episodenya bercerita tentang teladan dari Nabi Muhammad saw dan bagaimana kita menerapkan di abad yang serba canggih ini. Intinya bagaimana kita hidup dengan meneladani Rasulullah saw. Recommended banget ditonton. Bila perlu didownload. Bagi kamu yang berprofesi sebagai guru, aku saranin buat sesekali kasih tontonan film-film pendek dari Inspiration Series ini. Biar para murid lebih kebuka pikirannya, biar tumbuh rasa cinta pada Rasulullah saw.

Nah, untuk sekarang cukup empat dulu yaaa. Lain kali disambung lagi insyaAllah. Monggo bagi yang mau ikutan nonton. Semoga Allah mengangkat kita ke derajat yang lebih tinggi. Aamiiin insyaAllah...

Lots of Love
Sofia

8 comments:

  1. makasih referensi tontonannya :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih referensinya mbak...

    ReplyDelete
  3. keren mbak,bisa di jadikan referensi nih chanel youtubenya buat nambah ilmu dan wawasan

    ReplyDelete
  4. Tertarik yang Jazirah Islam sama Inspiration Series dehhh...
    Biasanya aku nonton Nigahiga sama video musik, hehehe. Eh, cerita dong Sof kerja di tempat sekarang gimana ;")

    ReplyDelete
  5. Wah kalau ane lebih ke hiburanya mbak :-(
    musti diperbanyak ilmu agamanya nih...

    ReplyDelete
  6. subhanallah, menambah ilmu mengenai agama

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...