Tuesday 27 October 2015

Hal-Hal yang Biasanya Ada pada Seseorang Golongan Darah O



Setiap manusia pasti dilahirkan dengan golongan darah tertentu, kan? Ya seperti yang kita tahu selama ini, ada A, B, AB, dan O. Nah, golongan darah yang empat biji ini ternyata juga selalu jadi objek penelitian para ilmuwan sejak tahun 1930. Mereka mengamati karakteristik-karakteristik yang umum dimiliki oleh masing-masing golongan darah. Kesenangan mengamati seseorang berdasarkan golongan darah ini pertama kali tenar di Jepang. Jadi hampir semua orang Jepang tahu golongan darahnya sendiri pada masa itu, mungkin juga sampai sekarang. 

Mungkin kalau di Indonesia sama kayak ramalan bintang (virgo, libra, dkk). Kan ada juga toh tulisan-tulisan yang mengungkap karakteristik seseorang berdasarkan bintang. Hanya saja menurut ane, sesuatu yang dihubungkan dengan bintang itu kurang pas aja. Nggak scientist gitu. Nggak bisa dibuktikan secara ilmiah kalau bintang-bintang di angkasa punya hubungan dengan kehidupan manusia, jatuhnya jadi ilmu astrologi. Mungkin karena itu juga orang Jepang yang terkenal lebih realistis milih baca karakteristik dari golongan darah. Mungkin lho, ya.


Nah berikut adalah beberara karakteristik yang dimiliki seseorang berdarah O. Untuk golongan darah lain, insyaAllah menyusul lain kesempatan.



Pecinta Sejati

Beberapa bulan lalu, tepatnya saat acara pembekalan calon wisudawan, seorang motivator sempat menunjukkan karakteristik seseorang berdasarkan golongan darahnya. Karena golongan darahku sendiri adalah O, jadinya yang paling ingat sampai sekarang ya karakteristik seseorang berdarah O. Motivator tersebut hanya menyampaikan satu poin karakteristik yang paling menonjol, dan dia bilang darah O itu adalah sosok pecinta sejati. Yep, apabila seseorang berdarah O jatuh cinta, maka dia akan mencintai dengan sungguh-sungguh dan sangat dalam sedalam reruntuhan kapal di dasar samudra. 

 
Pinterest
Langsung deh aku mengingat diri sendiri, dan sebagai manusia berdarah O, aku membenarkan karakteristik yang disampaikan si motivator. 

Aku sendiri nih ya, kalau jatuh cinta pada seseorang, aku bisa melakukan hal-hal yang orang lain mungkin tidak melakukannya. Misal, mengecek facebooknya setiap beberapa jam sekali tanpa berani menyapa, mengoleksi ratusan fotonya, bahkan ngubek-ngubek facebook teman-temannya cuma buat nyari fotonya si dia, lalu menulis tentang dia hingga puluhan halaman, membuat beberapa kartu ucapan selamat ulang tahun, meskipun ujung-ujungnya cuma satu yang dikirim. Terkesan kepo akut sih, tapi nggak alay juga. Soalnya aku nggak pernah mengganggu kehidupan dia. Kayak kirim-kirim salam, memulai percakapan, ngirim sms, apalagi nelpon, duuuhhh itu adalah hal-hal yang tidak mungkin kulakukan. Memang benar apabila ada yang berkata bahwa darah O itu gengsian. Kadar kepo dan gengsi mereka berbanding lurus lah. 

Nah, beberapa hari lalu, secara tidak sengaja, aku landing di sebuah web yang membahas hal-hal yang biasanya dialami oleh mereka berdarah O. Apa saja? Inilah mereka:


Berjiwa Leadership tinggi

Silakan cari di web, blog, koran, atau tulisan mana pun, tiap kali menyebutkan karakteristik berdasarkan tipe darah, O selalu dikatakan sebagai sosok pemimpin. Katanya sih rata-rata orang berdarah O itu berbakat jadi leader, kalaupun nggak,  mereka pengennya selalu jadi leader. 

www.faithgateway.com
Peninjauan berdasarkan aku peribadi siihh, ini memang benar. Sejauh ini aku memang nggak betah tiap kali jadi junior, bawaannya pengen nonjok senior, baik itu di organisasi maupun komunitas. Jadi kalau bisa, awal masuk langsung jadi senior. Intinya aku nggak suka banget ‘merasa nggak dianggap’ dalam suatu kelompok. So, kalau memang lagi niat banget, dalam kelompok tugas, aku selalu jadi leader. Pas udah kuliah aja ogah-ogahan. Poin utama sih harus niat dulu.


Penyendiri atau sangat aktif

Yes, dalam beberapa tulisan banyak membahas kalau orang dengan tipe darah O ini punya bakat komunikasi dan sangat mudah bersosialisasi. Tapi ada juga yang menuliskan kalau tipe darah O ini senang menyendiri. 

Lalu aku?

Jujur ya, jika aku ada dalam posisi diandalkan atau sedang presentasi, aku bisa berkomunikasi dengan sangat baik. Pokoknya sejak duduk di bangku SD, tiap kali ada tugas presentasi, aku selalu diandalkan sebagai pembicara. Tapi nih, untuk urusan sosial, aku merasa punya sedikit masalah. Terkadang entah itu terlalu nggak update informasi, terlalu nggak peduli, terlalu cuek, atau terlalu pinter (buka rapor SD), aku jadi nggak nyambung tiap kali bicara secara personal (bukan dalam topik resmi atau serius). 

Misalnya gini, aku lagi jalan bareng Sena dan Sana, nah ujung-ujungnya pasti aku nggak nyambung apa yang lagi mereka bicarakan. Aku juga nggak bisa akrab dengan teman-teman kelas, kakak tingkat, dan sejenisnya. Banyak yang bilang aku terlalu serius, dan ya itu, nggak enak dikerjain.  So, jika diminta memilih apakah aku penyendiri atau sangat aktif, aku adalah penyendiri sejati.

Glamour.com

Aku suka menyendiri. Bagiku kegiatan menyendiri itu adalah kegiatan paling menyenangkan di dunia ini. Karena itu pula aku tidak suka keramaian, tidak suka games di acara-acara kelompok, dan yang terpenting paling tidak suka dikerjain senior. Sudahlah, bagiku menyendiri sambil merenung, membaca, mendengarkan musik favorit, menonton film, dan menulis, itu adalah kebahagiaan di atas kebahagiaan.


Tidak mudah terpengaruh lingkungan

Hmm... banyak artikel yang mengatakan seseorang berdarah O ini punya pendirian teguh, fokus, dan sanggup berjuang hingga tetes darah terakhir demi impiannya. Yes, that’s true! Bahkan rasanya aku tidak bisa hidup tenang selama impianku belum terwujud. Jika mereka yang berdarah tipe lain selalu memikirkan pacar, gebetan, dsb, sebelum tidur, maka orang berdarah O selalu memikirkan impian. Kadang sampai kebablasan nggak bisa tidur. 

Maksud tidak mudah terpengaruh lingkungan di sini adalah, mereka nggak peduli dengan alasan orang lain. Jika yang lain plin-plan, darah O ini sebaliknya, mereka mampu memutuskan sesuatu dengan mantap. Ini benar, aku merasakan sendiri. Saat akan melakukan Praktik Kerja Lapangan di perkuliahan dulu, beberapa teman bingung akan mengambil spesifik di bidang apa. Bahkan ada yang berkali-kali ganti topik. But aku nggak tuh. Sejak awal aku sudah menentukan akan mengambil topik P, dan akan tetap mengambilnya meskipun (andai) hanya aku sendiri yang PKL di lokasi tersebut.

Tapi nih ya, urusan lifestyle, terkadang darah O ini suka kebawa lingkungan juga. Aku menyimpulkan, dalam urusan batin mereka ini memang kokoh, tapi kalau urusan lahiriah, mereka masih bisa dipengaruhi lingkungan. 


Suka menunda-nunda pekerjaan

Thatspoint.com
Yesss! Ini tipe darah O banget. Aku adalah bukti nyata. Kalau urusan menunda-nunda, duh darah O adalah ratunya. Mau belajar aja aku sering mengulur waktu. Misal ujian besok pukul 10 pagi, nah sore-sore mau belajar, aku mikirnya masih ada malam. Udah malam, aku mikir besok aja sebelum Subuh. Eh, ternyata pas bunyi alarm jam 3 pagi, justru dimatiin dan mikir ‘kan masih ada jam 7 sampai jam 9’. Urusan nyuci pakaian juga gitu, sampai numpuk seember besar baru deh dicuci. Pokoknya darah O ini wajib dikasih deadline, kalau nggak bisa kebablasan nggak dikerjain. 


Karakteristik lain yang umum dimiliki darah O
  1. Orang yang memiliki golongan darah O adalah orang yang terbuka
  2. Golongan darah O adalah orang-orang yang menghargai pendapat orang lain
  3. Mereka punya pendapatnya sendiri dalam beberapa hal
  4. Mengandalkan diri sendiri dan pemberani
  5. Mereka mampu menangani stress lebih baik dibandingkan dengan golongan darah lain
  6. Apabila tipe O sudah marah, hati-hati aja karena semuanya pasti bakal kena imbasnya 
  7. Sifat nggak enakan yang selalu membuat tipe O memikirkan perasaan orang lain (This really true!) 
  8. Tipe O ialah orang yang sangat ekspresif. Tak jarang ia mampu romantis dalam moment apapun
  9. Beruntunglah kamu yang berteman dengan orang yang bertipe darah O. Mereka bisa jadi mediator, penengah yang baik
  10. Tipe darah O paling semangat pas punya barang baru. Tapi lama-kelamaan suka lupa sendiri merawatnya
  11. orang yang  berdarah O akan menggunakan bahasa yang singkat, padat nan jelas. Tapi kadang menusuk.
  12. Cara makannya cepat, terlihat seperti tidak dikunyah
  13. Mudah beradaptasi dengan berbagai makanan pada lingkungan yang ditempatinya
  14. Pandai menutupi sesuatu adalah keahlian orang yang memiliki darah O, mereka selalu kelihatan happy, damai  dan seperti tidak punya masalah sama sekali. Tapi tahunya???

www.quoteswave.com

Okay, itulah tadi sederet karakteristik yang umumnya dimiliki oleh orang-orang dengan golongan darah O. Nggak semua benar, tapi kalau aku sendiri, banyak di antara list di atas yang memang sesuai dengan kepribadianku. Bagaimanapun hanya kamu sendiri yang paling tahu tentang dirimu. Tulisan ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang ingin mengamati seseorang yang berdarah O. Sedikit sebanyaknya dari list di atas pasti ada yang nyantol. Semoga bermanfaat. Ting!

1 comment:

  1. Aku bangeeet.... Ih setuju bgt deh sama postingan ini. O itu mudah terpengaruh sama urusan lifestyle, kalau prinsip mah beuuuuh teguh banget. Udah gitu sifat nundanya itu lhoooo... suka bikin kesel. Trus ya, aku kalau makan cepet, gak enakan aja, kalau marah beuuh kaya mak lampir banget, trus aku sekalinya ngomong nusuk bgt, dan iya banget bisa jd mediator yg baik.

    Ah udahlah tulisan ini GUE banget! :V

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...